EmitenNews.com - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) 1 Maret 2024 ini memulai masa penawaran Surat Berharga Negara (SBN) Ritel kedua tahun ini yakni Sukuk Ritel/SR seri SR020. Ritel seri SR020 ini diterbitkan dalam rangka mendukung upaya pendalaman pasar keuangan domestik.


Penjualan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) ritel kepada investor individu yang terdiri dari Sukuk Ritel seri SR020T3 dan SR020T5 dilakukan secara online (e-SBN). Sukuk Ritel produk investasi syariah omo ditawarkan pemerintah kepada individu warga negara indonesia (WNI), sebagai pilihan investasi yang aman, mudah, terjangkau, dan menguntungkan.


Seperti dirilis Direktorat Pembiayaan Syariah, Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR), Kementerian Keuangan RI, SR020T3 yang memiliki tenor 3 tahun (jatuh tempo 10 Maret 2027) memberikan imbalan atau yield 6,30% per tahun, fixed. Sementara untuk SR020T% yang memiliki tenor 5 tahun (jatuh tempo 10 Maret 2029) memberikan imbalan sebesar 6,40 per tahun.


Nilai nominal per unit untuk kedua seri sukuk ritel adalah Rp1 juta. Maksimum pemesanan untuk SR020T3 adalah Rp5 miliar, sedangkan SR020T5 Rp10 miliar.


Imbalan dibayarkan pada tanggal 10 setiap bulan dengan pembayaran imbalan pertama tanggal 10 Mei 2024 (long coupon. Minimum holding period adalah selama tiga kali pembayaran imbalan. Kedua seri Sukuk Ritel bisa diperdagangkan (tradability) mulai tanggal 11 Juli 2024 atau setelah berakhirnya minimum holding period.


Tujuan penerbitan Sukuk Ritel seri SR020 adalah membantu membiayai APBN termasuk membiayai pembangunan proyek infrastruktur di Indonesia dan memperluas basis investor dalam negeri. Penjualan Sukuk Ritel seri SR020 dilakukan secara online untuk mempermudah akses masyarakat berinvestasi di SBSN ritel dan mendukung terwujudnya keuangan inklusif.


Dengan mengusung tema “Pilihan Berharga Masa Depan Sejahtera” dan tagar #InvestasiRakyatPenuhManfaat, Pemerintah memberikan kesempatan kepada setiap Warga Negara Indonesia untuk dapat berinvestasi pada Sukuk Ritel seri SR020 sekaligus berpartisipasi dalam pembangunan nasional.


Proses pemesanan pembelian Sukuk Ritel seri SR020 secara online dilakukan melalui 4 tahap yaitu (i) registrasi/pendaftaran, (ii) pemesanan, (iii) pembayaran dan (iv) konfirmasi kepemilikan. Pemesanan pembelian disampaikan melalui sistem elektronik yang disediakan Mitra Distribusi yang memiliki interface dengan sistem e-SBN.


Sebelum melakukan pemesanan pembelian, setiap calon investor kiranya telah memahami Memorandum Informasi Sukuk Ritel seri SR020.


Masyarakat yang berminat untuk berinvestasi di Sukuk Ritel seri SR020 dapat mengakses website Sukuk Ritel atau menghubungi 30 Mitra Distribusi yang telah ditetapkan oleh Pemerintah(*)