EmitenNews.com - Tim Nasional (Timnas) Indonesia tampil perkasa saat menghadapi Laos dalam lanjutan Grup B Piala AFF 2020. Garuda pesta gol 5-1 di Bishan Stadium, Singapura, Minggu (12/12/2021). Indonesia mendominasi penguasaan bola 74 persen dengan 461 berbanding 115 operan. Timnas asuhan Shin-Tae yong itu, juga melepas 26 (9) tendangan berbanding 3 (1). Berhasil menghempaskan Laos, tim Indonesia pimpin klasemen sementara Grup B.


Indonesia turun dengan komposisi pemain berbeda. Pelatih Indonesia, Shin-Tae yong mengganti lima pemain dalam starting eleven pilihannya, namun tetap mempertahankan lini tengah yang diisi Evan Dimas, Ricky Kambuaya, dan Rachmat Irianto.


Tim Evan Dimas dkk membuka kran gol lewat titik putih pada menit 23. Penyerang Laos, Kydavone Souvanny melanggar Alfeandra Dewangga di kotak terlarang.  Wakil kapten, Asnawi Mangkualam sukses menyarangkan bola ke kiri atas gawang Keo Souvannnasangsgo.


Pada 11 menit berselang, umpan Aswani dari sisi kanan penyerangan Indonesia dimaksimalkan dengan baik oleh Irfan Jaya dan membawa Indonesia 2-0. Empat menit sebelum turun minum, berhasil Kydavone membalas kesalahannya dengan mencetak gol lewat skema serangan balik cepat. Skor 2-1 menutup babak pertama.


Kerja sama tiga pemain Garuda, Irfan Jaya - Dedik Setiawan - Witan Sulaeman diawali pressing Ricky Kambuaya berhasil diselesaikan dengan baik oleh Witan, sehingga membuat Indonesia unggul 3-1 pada menit 56.


Masuk sebagai pemain pada menit 71, Ezra Walian berhasil mencetak gol pertama untuk timnas Indonesia enam menit kemudian setelah menerima umpan dari Witan. Gol tersebut mengubah skor menjadi 4-1.


Pada menit 83, kiper Indonesia, Ari Ernando keluar dari kotak penalti untuk menggagalkan usaha serangan balik Laos. Satu menit kemudian, Evan Dimas menutup kemenangan timnas Indonesia menjadi 5-1 setelah menerima umpan cantik Dewangga.


Dengan hasil ini, Indonesia memimpin klasemen sementara dengan 6 poin, unggul selisih gol atas Vietnam dan Malaysia yang memiliki jumlah poin yang sama. (LW). ***