EmitenNews.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) resmi mengalihkan saham 5 (lima) BUMN Pangan kepada PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI sebagai induk Holding BUMN Pangan. Lima BUMN pangan tersebut yaitu PT Perusahaan Perdagangan Indonesia, PT Sang Hyang Seri, PT Perikanan Indonesia, PT Berdikari dan PT Garam.


Terbentuknya Holding BUMN Pangan ditandai dengan ditandatanganinya Akta Inbreng saham Pemerintah antara RNI dan kelima BUMN Pangan yang terselenggara pada hari Jumat, 7 Januari 2022. Adanya holding BUMN Pangan juga menjadi prioritas utama dalam transformasi industri pangan mengingat Indonesia sebagai negara agraris.


“Penandatanganan Akta Inbreng merupakan momentum bersejarah mengingat terdiri atas penggabungan BUMN – BUMN Pangan menjadi satu holding BUMN Pangan,” kata Wakil Menteri BUMN I, Pahala Nugraha Mansury di Jakarta, Jumat (7/1/22).


Terbentuknya Holding BUMN Pangan ini sejalan dengan harapan Presiden perlunya Indonesia memiliki BUMN pangan yang kuat melalui kemandirian pangan. Hal ini untuk merealisasikan visi Indonesia 2045 khususnya pada sektor pangan untuk peningkatan ketahanan pangan nasional.


Pahala berharap dengan terbentuknya Holding BUMN Pangan akan memperkuat sektor pangan melalui upaya – upaya strategis juga dilakukan mulai dari meningkatkan kapasitas produksi, perluasan akses market dan jaringan distribusi pangan. "Melalui Holding BUMN Pangan juga dapat mengoptimalkan aset yang potensial, mengandalkan supply chain serta penerapan teknologi dan digitalisasi bisnis,” tambahnya.


Melalui holding BUMN Pangan, selain memiliki peran untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional juga fokus pada ekosistem pangan dan tentunya untuk meningkatkan inklusivitas petani, peternak dan nelayan.


Meski baru dilahirkan, Direktur Utama PT RNI (Persero), Arief Prasetyo Adi, meyakini holding yang terbentuk atas kekuatan sektor pertanian, sektor perikanan, sektor peternakan, garam dan perdagangan logistik ini akan mampu mewujudkan 3 (tiga) objektifnya. "Yaitu mendukung ketahanan pangan nasional, inklusivitas petani peternak dan nelayan hingga menjadi perusahaan pangan berkelas dunia,” kata Arief.


Dalam waktu dekat di awal tahun 2022 ini, Holding BUMN Pangan juga akan launching brand nama dan logo baru Holding BUMN Pangan yang diagendakan akan dilakukan launching bersama Menteri BUMN Erick Thohir pada waktu mendatang.(fj)