EmitenNews.com - PT Hutama Karya (Persero) memenangkan proyek Jalan Tol Karangjoang-KKT Kariangau Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sepanjang 13 km. Jalan tol ini berperan dalam menghubungkan pusat kegiatan negara, dan akan mempersingkat waktu tempuh antara IKN Nusantara dan Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.


"Hutama Karya telah menerima kontrak untuk pembangunan IKN. Kontrak pertama sebesar Rp3,47 triliun terkait pengembangan jalan tol," ujar Direktur Operasi I Hutama Karya Gunadi Soekardjo dalam webinar HK ExperTalk di Jakarta, Kamis (8/9/2022).


Selain bakal mempersingkat waktu perjalanan, jalan tol Karangjoang-KKT Kariangau IKN ini, juga menjadi langkah awal kontribusi Hutama Karya. Paket proyek tersebut menjadi awal keterlibatan Hutama Karya dalam pembangunan infrastruktur di IKN.


Pengalaman dan kapabilitas Hutama Karya dalam pembangunan megainfrastruktur Jalan Tol Trans Sumatera, diharapkan dapat mendukung pembangunan proyek Jalan Tol Karangjoang-KKT Kariangau IKN.


Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memulai kegiatan pembangunan infrastruktur dasar IKN Nusantara tahap 1 senilai Rp5,3 triliun. Hal itu ditandai dengan penandatangan kontrak pekerjaan pembangunan IKN TA 2022 sebanyak 19 paket.


Kementerian PUPR telah menyusun rencana/tahapan pembangunan infrastruktur dasar di IKN Nusantara periode 2022-2024 dengan total anggaran Rp43,73 triliun. Pada tahun 2022, anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan IKN sebesar Rp5,3 triliun. ***