EmitenNews.com — IHSG melemah lebih dari 1% di Jumat (22/4), tapi investor asing mencatatkan net buy hingga Rp2.22 triliun (22/4). Secara teknikal, IHSG masih bertahan di atas MA10 (7150) dan Stochastic RSI yang memasuki oversold area. Dengan demikian, terdapat potensi technical rebound ke 7200-7250, jika IHSG bertahan di atas 7150 di Senin (25/4).


Valdy Kurniawan selaku Analis Phintraco Sekuritas dalam riset hariannya, Senin (25/4/2022) mengatakan, aksi beli investor asing pada saham-saham bluechip, terutama bank menahan IHSG dari potensi pelemahan lebih dalam di Jumat (22/4). Dengan demikian, BBCA, BBNI, BBRI dan BMRI dapat menjadi top picks di Senin (25/4). Alternatif lainnya adalah ASII, TLKM, AALI, LSIP dan ITMG.


Tingginya risiko inflasi dan potensi perlambatan pertumbuhan ekonomi di negara-negara maju menyusul rencana pengetatan kebijakan moneter menjadi salah satu pemicu berlanjutnya capital inflow ke negara-negara berkembang, termasuk Indonesia.


Turut andil dalam peningkatan uncertainty risk adalah peningkatan intensitas konflik Rusia-Ukraina menyusul fase kedua operasi militer Rusia di Ukraina. Kali ini operasi militer difokuskan pada Donbas di timur Ukraina.