EmitenNews.com - Masyarakat berpenghasilan rendah atau MBR yang tinggal di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara bisa memiliki hunian layak. Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) berperan membantu pembiayaan kepada masyarakat berpenghasilan rendah, termasuk yang tinggal di IKN Nusantara.

 

Komisioner BP Tapera Adi Setianto mengemukakan hal itu dalam diskusi daring di Jakarta, Selasa (12/12/2023).


"Tentunya peran BP Tapera adalah bagaimana membantu masyarakat atau penduduk di IKN yang segmennya masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di bawah Rp8 juta," ujar Adi Setianto.

 

Di IKN Nusantara, yang terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur terdapat kawasan yang disediakan oleh pemerintah melalui Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) untuk dibangun perumahan bagi MBR.

 

BP Tapera bekerja sama Badan Bank Tanah yang memiliki lahan di IKN. BP Tapera bekerja sama dengan Bank Tanah terkait bagaimana pengembangannya, kawasannya, serta jenis huniannya, apakah rumah tapak atau hunian vertikal. Itu semua nanti tergantung bagaimana BP Tapera menjaring permintaan yang ada di IKN.

 

BP Tapera memang intens berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan yang mendapatkan tugas untuk membangun IKN Nusantara. Fokusnya sekarang yakni pada tahap pembangunan infrastruktur dasar dan nanti para pemangku kepentingan, terutama yang pindah ke sana terlebih dahulu. ***