EmitenNews.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan percepatan pembangunan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur. Pembangunan kantor presiden, kementerian koordinator, serta beberapa kementerian lainnya akan rampung pada 2024. Dalam RAPBN 2024, pemerintah menyiapkan Rp40 triliun untuk pembangunan IKN Nusantara.

 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan hal tersebut dalam Konferensi Pers RAPBN dan Nota Keuangan Tahun 2024 yang berlangsung di Kantor Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (16/8/2023). 

 

"Kantor presiden, empat kantor kemenko, beberapa kementerian seperti Mensesneg juga akan selesai tahun 2024, termasuk lapangan untuk upacara, mudah-mudahan Juli sudah selesai," katanya.

 

Untuk hunian bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri sebanyak 47 tower (menara) akan dimulai pembangunan konstruksinya pada September 2023. Dalam perencanaan Juli 2024 sebanyak 12 tower akan selesai dan furnish sehingga bisa segera ditempati secara bertahap oleh ASN yang ditugaskan di IKN.

 

Untuk infrastruktur jalannya, sebagian sudah ada yang dikerjakan sekitar 30 persen. Akses jalan dari Balikpapan menuju IKN ditargetkan selesai pada 2024. Progresnya, ada yang baru mulai dan sudah jalan, sekitar 30 persen mestinya. Jalan tol untuk mempersingkat perjalanan dari Balikpapan ke IKN akan selesai sebagian di 2024.

 

Dalam RAPBN 2024, pemerintah menyiapkan anggaran sekitar Rp40,6 triliun untuk pembangunan IKN pada 2024. Anggaran IKN dari Kementerian PUPR Rp35,672 triliun, Rp5 triliun buat Kementerian Perhubungan untuk pembangunan Bandara VVIP.

 

Sementara itu, ASN kementerian yang akan pindah pertama ke IKN adalah Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). 

 

Kepada pers, seusai acara Rapat Koordinasi Pengadaan ASN Tahun 2023, di Jakarta, Kamis (3/8/2023), Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, sudah berkoordinasi dengan Kementerin PANRB, mempersiapkan ASN yang akan dipindahkan ke IKN Nusantara, di Kalimantan Timur.

 

Menpan-RB Abdullah Azwar Anas menyebutkan terdapat 16.000 pegawai pemerintahan yang dipersiapkan untuk pindah ke IKN. Mereka terdiri atas 11.000 ASN, dan 6.000 anggota TNI serta Polri. Untuk rencana besar itu, sudah disiapkan semuanya. ***