EmitenNews.com - Seiring dengan kian memanasnya ketegangan antara Israel dan Palestina, Indonesia melalui Indonesia AID tengah menyiapkan bantuan kemanusiaan untuk masyarakat Palestina yang terdampak konflik.  

 
"Sebagaimana arahan Bapak Presiden, kita sedang siapkan dukungan kemanusiaan diantaranya berupa penyediaan kebutuhan medis, obat-obatan dan peralatan kesehatan. Akan kita kirim dari Indonesia," kata Direktur Utama LDKPI Tormarbulang Lumbantobing dalam keterangannya, Jumat (3/11/2023). 


Saat ini, LDKPI sedang berkoordinasi intensif dengan berbagai pihak terkait seperti Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kesehatan, dan organisasi yang nantinya menyalurkan bantuan di Palestina. 


Sebagai informasi, konflik di Timur Tengah ini berdampak pada jatuhnya ribuan korban jiwa. Menurut data yang dihimpun United Nation Office for the Coordination of Humanitarian Affairs (OCHA), hingga Jumat (3/11) lebih dari 9.061 warga tewas dan puluhan ribu lainnya terluka. 
 

Badan kemanusiaan PBB tersebut juga menyatakan lebih dari 690.400 orang atau setengah penduduk Palestina berlindung di fasilitas PBB. 


Adapun konstitusi menyatakan Indonesia turut serta menjaga ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. Amanat dalam Pembukaan UUD 1945 tersebut menjadi cita-cita luhur dan tujuan bernegara yang perlu dilaksanakan oleh seluruh elemen bangsa.(*)