EmitenNews.com - Lari, salah satu olahraga banyak diminati masyarakat Indonesia. Dengan gerakan Indonesia Ultra 100 (IUS) Jakarta, para komite IUS Jakarta, terdiri dari pengarah lomba berpengalaman, dan beberapa pelari ultra, berharap olahraga lari menjadi salah satu platform membantu membentuk sumber daya manusia tangguh. 


Sarana merajut ke-Indonesia-an dalam diri, dan juga sarana mengembangkan pariwisata daerah di Indonesia. ”Indonesia Ultra 100 bukan sekadar event lari biasa, tetapi merupakan sebuah gerakan untuk berperan serta terhadap visi Indonesia Emas 2045 melalui BERLARI,” tutur Lexi Rohi, Pengarah Lomba Indonesia Ultra 100 (IUS) Jakarta. 


Gerakan berlari itu, merepresentasikan, di mana Indonesia harus berlari extra mile. Itu penting untuk mengejar ketertinggalan hingga mencapai posisi negara nomor 4 dengan perekonomian terbesar dunia, tepat pada perayaan 100 tahun Indonesia Merdeka, sesuai visi Presiden Joko Widodo (Jokowi). 


Oleh karena itu, IUS Jakarta sesuai namanya, akan mengajak 100 pelari untuk berlari minimal sejauh 100 kilometer (km), di setiap 100 kota yang ada di Indonesia hingga menuju 100 tahun Indonesia Merdeka. Perjalanan IUS perdana akan menjadi sebuah sejarah. Mulai di Jakarta, pada 11 Desember 2021, dari pukul 21.00 WIB hingga cut off time pukul 15.00 WIB pada hari berikutnya, 12 Desember 2021 dengan garis start dan finish di Senayan Park (Spark). 


Gerakan itu mendapat respons positif para pelari tersebut, tentu tetap akan mengikuti protokol kesehatan (Prokes) berlaku. Hajatan itu, tidak akan terlaksana tanpa dukungan seluruh pihak yang percaya akan misi baik gerakan tersebut. Para sponsor seperti Bank BTN, Enervon Active, China Life Insurance, Garmin, League, Klinik Utama Karunia, Pocari Sweat, Soyjoy, Ithophysio, Weekenders, BMHS & Emergency Respons, Timberpix, BIB, Sunpride, dan Cheers ikut terlibat dalam gerakan ini. 


Komunitas pelari, seperti Skolari, Run for Indonesia Ultra, Mega Runners, Aircrew on the Road dan Obler, media partner Emiten News, Kalender Lari, dan Runner Indonesia, tidak ketinggalan memberi dukungan penuh terhadap para pelari Indonesia Ultra 100 Jakarta. (*)