EmitenNews.com - Inilah 15 penyelenggara inovasi digital kesehatan yang terpilih: Riliv, Medic+, Klinik Simas Sehat, Good Doctor, Naluri, mycInq sehat, Lifepack, Alodokter, Halodoc, sehati TeleCTG, Getwell, FitHappy, Cexup, SIRKA, dan SehatQ.

 

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengumumkan 15 penyelenggara inovasi digital kesehatan di klaster telekesehatan yang berhak masuk program Regulatory Sandbox Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

 

"Hari ini kami akan mengumumkan penyelenggara inovasi digital kesehatan yang terpilih untuk masuk ke dalam program Regulatory Sandbox," kata Menkes Budi Gunadi Sadikin melalui video pada acara Health Innovation Day 2023, di Jakarta, Selasa (30/5/2023).

 

Kemenkes telah meluncurkan Regulatory Sandbox pada April 2023, sebagai ruang aman bagi penyelenggara inovasi digital kesehatan.

 

"Pemanfaatan skema tersebut diperluas ke model bisnis inovasi digital kesehatan yang lebih beragam setelah sebelumnya diterapkan pada penyakit malaria," ujar Menkes Budi Gunadi Sadikin. 

 

Sebanyak 15 penyelenggara inovasi digital kesehatan yang diumumkan itu berhak masuk program Regulatory Sandbox dengan status "diawasi".

 

Kita tahu, Regulatory Sandbox merupakan mekanisme untuk menguji penyelenggara inovasi digital kesehatan atau penyedia telekesehatan yang dilakukan oleh Kemenkes dengan bekerja sama bersama para pakar di bidangnya. ***