EmitenNews.com - Inovasi dan sinergi menjadi bagian penting dalam strategi mengoptimalkan peran keuangan syariah dalam pembangunan nasional. Inovasi pada produk keuangan syariah diharapkan mampu mengatasi tantangan sosial ekonomi.

 

"Inovasi ini harus dilakukan di mana-mana termasuk di keuangan syariah. Kita perlu mendukung produk-produk yang modern, mudah diakses, mudah dipahami, yang dapat juga mengatasi tantangan sosial ekonomi yang mendasar," kata Sekretaris Jenderal Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) Astera Primanto Bhakti dalam Webinar Merdeka Finansial dengan Produk Keuangan Syariah, di Jakarta, Kamis (30/3/2023).

 

Menurut Astera, inovasi pada produk keuangan syariah tersebut juga diharapkan mampu mengatasi tantangan sosial ekonomi. Di antaranya, seperti ketimpangan, kemiskinan ekstrim, eksklusivisme, perubahan iklim termasuk hal-hal lain yang berbasis pada maqashid syariah.

 

Tetapi, inovasi saja tidak cukup. Karena itu, perlu ada sinergi di antara semua pemangku kepentingan dalam suatu ekosistem ekonomi syariah. Itu menjadi syarat yang sangat mendasar bagi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

 

"Sinergi ini sangat mudah diucapkan tapi pada kenyataannya banyak tantangan yang harus diwujudkan," tutur Astera Primanto Bhakti. ***