EmitenNews.com - PT Harkatjaya Bumipersada menjual 15 miliar saham PT Nusantara Sejahtera Raya Tbk (CNMA) kepada Salween Investment Private Limited asal Singapura dengan harga jual Rp270 per lembar pada perdagangan sesi 1, Rabu (2/8/2023).

 

Untuk diketahui, pemegang saham pengendali Harkatjaya Bumipersada yakni Benny Suherman, Cisca Widjaja, Suryo Suherman, Melia Suherman dan Arif Suherman.

 

Dari hasil penjualan tersebut Harkatjaya Bumipersada sebagai pengendali CNMA itu meruap Rp4,05 trilun dari investor Singapura tersebut.

 

Pada saat yang sama, PT Adi Pratama Nusantara juga telah menjual 3,75 miliar saham CNMA kepada investor yang sama dengan harga jual Rp270 per lembar. Sehingga Adi Pratama Nusantara meraup Rp1,012 triliun.

 

Sedangkan pengendali Adi Pratama Nusantara adalah Harris Lasmana, Lakshmi Harris Lasmana dan Sacheen Harris Lasmana.

 

Dengan demikian Salween Investmen Private Limited memegang 18,76 miliar saham atau 22,51 persen CNMA dari sebelumnya 80 juta saham atau 0,01 persen.

 

Mengacu pada prospektus IPO CNMA dijelaskan transaksi tersebut pelaksanaan perjanjian Call Option Agreement tanggal 5 Desember 2016 dengan Salween Investment Private Limited. Jelasnya, Harkatjaya Bumipersada memberikan hak opsi kepada Salween Investment Private Limited untuk membeli sebanyak 15 miliar saham CNMA.

 

Adi Pratama Nusantara  juga memberikan hak opsi kepada Salween Investment Private Limited untuk membeli sebanyak 3, 75 miliar  saham perseroan yang dimilikinya, yang merupakan saham lama miliknya tersebut.

 

“Pelaksanaan call option akan dilakukan pada Tanggal Pencatatan pada Harga Penawaran. Pelaksanaan call option tidak akan mengakibatkan perubahan pengendalian,” tulis manajemen CNMA.