EmitenNews.com - Rajin betul Menteri Agraria dan Tata Ruang atau Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono memuji Presiden Joko Widodo. Sejak dilantik sebagai anggota Kabinet Indonesia Maju, Rabu (21/2/2024), sedikitnya dua kali sudah secara terbuka ketua umum Partai Demokrat itu, melontarkan kekagumannya pada Jokowi. Sebelumnya, AHY termasuk politisi yang kerap mengeritik Jokowi.

Yang terbaru, AHY memuji Presiden Jokowi sebagai pemimpin yang dicintai oleh rakyat Indonesia, usai melihat antusiasme sejumlah warga yang ingin bertemu dan swafoto dengan Jokowi.

Pujian tersebut AHY sampaikan usai menyantap bakso bersama Jokowi dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju di sebuah pusat perbelanjaan, di Samarinda, Kalimantan Timur pada Rabu (28/2/2024) malam.

"Ini menunjukkan bahwa Presiden Jokowi, pemimpin yang dicintai rakyat, yang dekat dengan rakyat, dan rakyat juga ingin selalu dekat dengan pemimpin, dengan presidennya," kata AHY dalam video yang diunggah melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (29/2/2024).

AHY menyaksikan, masyarakat, tua dan muda antusias menyambut kedatangan Jokowi. Putra sulung Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono itu, mengaku kagum dengan Jokowi yang menyempatkan waktu luangnya untuk bertemu dengan rakyat.

Selain itu, Agus menyampaikan terima kasih lantaran sebagai menteri baru, namun ia sudah diajak dalam sejumlah kegiatan atau kunjungan kerja Jokowi.

"Walaupun kita tahu pasti kesibukannya, jadwal yang begitu padat dari satu titik ke titik lain. Tapi selalu menyempatkan diri mengajak para menterinya juga untuk menyapa rakyat. Dan inilah kekuatan seorang pemimpin," ujar AHY.

AHY mengaku terpukau dengan IKN Nusantara

Sebelumnya, Menteri Agus Harimurti Yudhoyono mengaku terpukau dengan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Menurut suami Anissa Pohan itu, IKN Nusantara merupakan mimpi besar Presiden Joko Widodo yang berupaya membangun pusat pemerintahan baru sekaligus pusat kemajuan bangsa di masa depan.

"Kesan pertama, saya terpukau dengan apa yang menjadi mimpi besar Presiden Jokowi, untuk menghadirkan sebuah pusat pemerintahan yang juga ke depannya menjadi pusat kemajuan bangsa," kata AHY di IKN Nusantara, Rabu (28/2/2024).

Dengan semangat itu, Menteri AHY menegaskan Kementerian ATR/BPN yang kini dipimpinnya, akan terus mengawal pembangunan IKN. Ia menyebut akan terus berkoordinasi dengan Badan Otorita IKN.

"Ada 9 Rencana Detil Tata Ruang (RDTR) yang juga sudah dituntaskan. Kemudian ada 21 paket pengadaan tanah, 10 sudah tuntas dan 2 sedang proses delivery," ujarnya.

AHY menyebutkan, sebanyak 11 paket pengadaan tanah lainnya pun sudah hampir rampung. Kini telah tuntas sekitar 80 persen. “Sedangkan yang 11 itu pun masih tersisa. Tetapi sudah sekitar 80 persen sudah tuntas juga, masih tersisa memang ada 20 persen yang perlu dikawal dengan baik."

Dalam kunjungannya, bersama sejumlah menteri lainnya, mendampingi Presiden Jokowi, AHY turut meninjau pembangunan infrastruktur di IKN. Ia menyebut proyek pembangunan ini merupakan mahakarya besar dan bukan hal yang mudah.

Presiden Jokowi mengangkat Agus Harimurti Yudhoyono menjadi Menteri ATR/Kepala BPN pada Rabu (21/2/2024). Ia menggantikan Hadi Tjahjanto yang diangkat menjadi Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam).

Kita tahu, sebelum bergabung dalam koalisi Presiden Jokowi, AHY beberapa kali mengkritik Presiden Jokowi. Termasuk dalam hal pembangunan IKN, yang menurutnya, masih banyak masalah lebih genting yang harus diselesaikan.

AHY juga menyebut saat ini utang pemerintah mencapai Rp7.800 triliun lebih. "Apakah hari ini memang kondisi negara memungkinkan untuk segera membangun Ibu Kota Negara baru, misalnya? Punya enggak uangnya kita kira-kira?"