EmitenNews.com - Menjadi negara maju pada 2045 lumayan berat bagi Indonesia. Menurut Direktur Eksekutif Segara Research Institute Piter Abdullah, ekonomi Indonesia perlu tumbuh 8 persen per tahun selama 10 tahun. Itu yang harus dicapai  agar Indonesia bisa menjadi negara maju pada 2045.

 

"Hitungannya, kita perlu pertumbuhan ekonomi di atas 8 persen per tahun selama periode 10 tahun. Sangat sulit mendapatkan pendapatan per kapita USD12 ribu hanya dengan pertumbuhan ekonomi yang sama," kata Piter Abdulllah dalam OCBC NISP Business Forum di Jakarta, Selasa (21/3/2023).

 

Pertumbuhan ekonomi sebesar 8 persen per tahun selama 10 tahun dibutuhkan untuk meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita menjadi USD12 ribu. Saat ini baru berkisar USD4 ribu per tahun.

 

Pertumbuhan ekonomi China mencapai di atas 12 persen per tahun selama lebih dari 10 tahun sehingga saat ini Negeri Panda tersebut memiliki perekonomian yang besar.

 

Menurut Piter Abdullah, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang rata-rata hanya sebesar 5 persen per tahun juga membuat penyerapan tenaga kerja relatif rendah. Repotnya, karena saat ini Indonesia sedang mengalami bonus demografi.

 

"Angkatan kerja kita setiap tahun mencapai sekitar 4 juta. Dengan pertumbuhan ekonomi kira-kira hanya sebesar 5 persen per tahun, kita hanya bisa menyerap sekitar 1,25 juta," kata Piter Abdullah. ***