EmitenNews.com - Pemerintah menyediakan bonus bagi PNS yang bersedia pindah paling awal ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas menjanjikan insentif berbeda untuk 2.000 pegawai negeri sipil (PNS) yang bersedia pindah pertama kali ke wilayah yang terletak di Kabupaen Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur itu. Insentif diberikan kepada para pionir yang menghuni kawasan baru itu.

 

"Sedang dihitung nanti akan dirembuk. Insentif bagi mereka yang pindah pertama itu sedang disiapkan. Tentu akan beda dengan mereka yang pindah berikut-berikutnya. Karena yang pindah pertama itu, jadi pionir," kata Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas usai menghadiri Anugerah Reksa Bandha di Aula Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat pada Rabu (22/11/2023).

 

Abdullah Azwar Anas mengatakan, pihaknya sedang exercise dan sudah simulasi dengan seluruh kementerian/lembaga (K/L). Tahap pertama yang pindah 2.000 PNS, dan tahap kedua 1.200. Sedang disimulasikan siapa saja mereka yang pindah itu, dari kementerian, atau lembaga yang mana.

 

Kementerian PANRB sedang merumuskan kemungkinan adanya tunjangan baru. Tunjangan itu rencananya diberikan bagi PNS yang pindah ke IKN dan membawa keluarga.

 

"Jadi, mulai dari ongkos pindah, biaya tinggal di sana. Termasuk sedang dicari dan dikaji jika membawa keluarga akan diberi insentif," imbuh Abdullah Azwar Anas.

 

Meski begitu, Menteri Abdullah Azwar Anas belum bisa menyebut berapa anggaran yang dipersiapkan untuk insentif dan kemungkinan tunjangan baru ini. Ia mengatakan pihaknya hanya diperintahkan untuk merancang rencana pemindahan aparatur sipil negara (ASN) tersebut.

 

"Kita diperintahkan merumuskan selain terkait biaya pemindahan, biaya kemahalan, kita juga diminta menghitung tunjangan-tunjangan lain yang diperlukan terkait keluarga," ungkap Abdullah Azwar Anas. ***