EmitenNews.com - PT Kusuma Kemindo Sentosa (KKES) menawarkan 450 juta  saham perdana melalui skema initial public offering (IPO). Itu setara 27,27 persen dari modal ditempatkan, dan disetor penuh setelah IPO. Distributor kimia itu, memasang kisaran harga Rp100-130 per saham. 


Menyusul skenario itu, perseroan berpotensi memperoleh dana segar maksimal Rp58,5 miliar. Periode penawaran awal alias bookbuilding berlangsung 19-27 Juli 2022. Untuk menyukseskan hajatan itu, Kusuma Kemindo menunjuk PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia sebagai underwriter. 


Saat bersamaan, perseroan melaksanakan program Employee Stock Allocation (ESA) maksimum 2,5 persen dari jumlah saham ditawarkan dalam penawaran umum atau maksimal 11.250.000 lembar atau 11,25 juta saham. Masa penawaran awal pada 19-27 Juli 2022 dengan perkiraan efektif pada 29 Juli 2022, dan pencatatan di bursa pada 8 Agustus 2022. 


Seluruh dana hasil IPO setelah dikurangi biaya-biaya emisi efek, akan digunakan sekitar 95 persen untuk modal kerja dalam mendukung kegiatan operasional, dan pengembangan bisnis dengan rincian antara lain sekitar 30 persen untuk biaya operasional seperti gaji, biaya angkut, biaya kantor, biaya penjualan, dan lainnya.


Lalu, sekitar 65 persen untuk pembelian barang dagangan, pelunasan utang usaha kepada pemasok. Sekitar 5 persen akan digunakan untuk pengembangan sistem informasi dan teknologi termasuk digitalisasi sistem IT untuk sales, delivery, inventory, dan logistik. 


Ke depan sejumlah tindakan akan dijalani perseroan. Meningkatkan pembelian baik secara volume, dan produk, mengurangi pinjaman bank, mendapatkan principal dan produk baru dengan team kuat untuk lepas landas. Selain itu, juga merencanakan ekspansi cabang baru di area Jawa Barat dan Jawa Tengah termasuk melakukan proses digitalisasi pada Sales Service and Inventory control.


Saat ini, perseroan melayani penjualan lewat kantor di Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan melayani lebih dari 2.300 customer. Itu dengan dukungan lebih dari 9 principal memberikan keagenan tunggal, dan lebih dari 12 principal telah menunjuk sebagai authorize distributor. Kemudian lebih dari 15 principal memberi support supply selama ini. Dengan dukungan itu, perseroan telah mendistribusikan lebih dari 1.000 produk. 


Kusuma Kemindo berdiri pada 1990 di Jakarta, Indonesia. Perseroan merupakan entitas usaha Catur Sentosa Adiprana, sebuah perusahaan bergerak bisnis distribusi bahan bangunan, consumer goods, ritel modern bahan bangunan, dan home improvement Mitra10.


Kusuma Kemindo aktif sebagai importir, stockist & distribusi bahan kimia commodity dan specialty, makanan, bahan kimia konstruksi, dan bahan terkait. Saat ini, perseroan menjalankan usaha bidang perdagangan besar bahan, dan barang kimia dasar, perdagangan besar berbagai macam material bangunan dan perdagangan besar mesin, peralatan dan perlengkapan lainnya. Di mana, perseroan melihat peluang bisnis menjanjikan bidang bahan-bahan kimia untuk keperluan industri maupun keperluan rumah tangga. 


Secara garis besar, perseroan menawarkan 6 rangkaian produk dengan beberapa kategori yaitu Leather & Synthetic, Paint, Coating, Ink, Thinner, Plastic, PVC Pipes & Resin, Adhesive, Textile, Auxiliaries, Polymer, Rubber, Foam, Sole, Yarn & Fiber, Food & Drinks, Construction Chemical & Aluminium Shop, dan Wood Finishing (Furniture, Door, Frame, Coffin, Instruments). (*)