EmitenNews.com - ABM Investama (ABMM) mendapat corporate guarantee dari entitas usaha yaitu Radhika Jananta Raya (RJR). Ya, RJR tampil menjelma sebagai jaminan atas surat utang senior ABM Investama senilai USD200 Juta. 


Surat utang tersebut dibanderol bunga 9,500 persen dengan masa jatuh tempo pada 2026 mendatang. ”Teken kesepakatan pemberian jaminan perusahaan telah dilakukan pada 5 September 2022,” tulis Rindra Donovan, Corporate Secretary ABM Investama. 


Pemberian jaminan perusahaan oleh RJR untuk kepentingan ABM Investama merupakan transaksi afiliasi. Itu sebagaimana dimaksud POJK No. 42/2020 namun, transaksi tersebut tidak mengandung benturan kepentingan.


Hubungan afiliasi antara ABM Investama, dan RJR berupa  hubungan kepemilikan baik langsung maupun tidak langsung. Di mana, RJR merupakan anak usaha perseroan dengan porsi 99,99 persen. Selain itu, kesamaan pada satu atau lebih anggota direksi, dan dewan komisaris.


Surat utang itu, sebelumnya telah dijamin dengan tanpa syarat (unconditionally), dan tanpa dapat ditarik kembali (irrevocably) oleh Reswara Minergi Hartama, Tunas Inti Abadi, Pelabuhan Buana Reja, Cipta Kridatama, Cipta Krida Bahari, Sanggar Sarana Baja, Alfa Trans Raya, Baruna Dirga Dharma, Dianta Daya Embara, dan Prima Wiguna Parama. (*)