EmitenNews.com - PT Jasa Marga Tbk (JSMR) akan memberlakukan diskon tarif tol sebesar 20% untuk Jalan Tol Trans Jawa dari Jakarta menuju Semarang dan sebaliknya selama periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024.

Diskon tarif tol ini akan berlaku untuk jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga Group, termasuk integrasi Jalan Tol Jakarta-Cikampek & Jalan Layang MBZ, Jalan Tol Palimanan-Kanci, Jalan Tol Batang-Semarang, dan Jalan Tol Semarang Seksi ABC.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana, menjelaskan bahwa pemberlakuan diskon tarif tol untuk semua jenis kendaraan bertujuan untuk mengoptimalkan distribusi lalu lintas dan menghindari kemacetan pada tanggal-tanggal tertentu yang diprediksi akan menjadi puncak arus mudik dan balik.

Lisye juga menyatakan bahwa pemberlakuan diskon tarif ini merupakan bagian dari pelayanan maksimal dari Jasa Marga sesuai dengan prinsip Environment, Social, and Governance (ESG), dengan harapan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

"Dalam upaya mengatur arus mudik dan balik, Jasa Marga memprediksi bahwa pada puncak arus mudik pada H-4 atau Sabtu, 6 April 2024, sekitar 259 ribu kendaraan akan meninggalkan Jakarta, meningkat 0,03% dibandingkan Lebaran 2023, dan meningkat 66,8% dibandingkan kondisi normal. Sedangkan prediksi untuk puncak arus balik pada H+4 atau Senin, 15 April 2024, sekitar 300 ribu kendaraan akan kembali ke Jakarta, meningkat 13,2% dibandingkan Lebaran 2023, atau meningkat 131% dibandingkan kondisi normal. Oleh karena itu, diskon tarif tol akan diberikan di luar waktu yang diprediksi menjadi puncak arus mudik dan balik tersebut agar lalu lintas dapat terdistribusi dengan baik," ujar Lisye dalam keterangan resminya, Senin (1/4/2024).

Dengan tingginya potensi mobilitas masyarakat pada mudik Lebaran tahun ini, Lisye berharap bahwa diskon tarif tol ini dapat menarik minat masyarakat yang memiliki fleksibilitas waktu agar dapat merencanakan perjalanan mudik lebih awal dan perjalanan balik lebih akhir, sehingga dapat memanfaatkan diskon tarif tol dengan maksimal.

Teknis pemberlakuan diskon tarif tol adalah untuk semua jenis kendaraan dan hanya berlaku untuk kendaraan yang masuk melalui Gerbang Tol Cikampek Utama dan keluar melalui Gerbang Tol Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang selama periode arus mudik, mulai Rabu (3/4) pukul 05.00 WIB hingga Jumat (5/4) pukul 05.00 WIB. 

Untuk periode arus balik, diskon tarif tol hanya berlaku untuk kendaraan yang masuk melalui Gerbang Tol Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang dan keluar melalui Gerbang Tol Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek, mulai Rabu (17/4) pukul 05.00 WIB hingga Jumat (19/4) pukul 05.00 WIB.

"Pemberlakuan diskon tarif ini hanya berlaku untuk pengguna jalan yang menggunakan uang elektronik. Oleh karena itu, kami mengimbau agar pengguna jalan memastikan kesiapan mereka sebelum melakukan perjalanan, termasuk memastikan saldo uang elektronik dan BBM cukup, serta memeriksa kondisi kendaraan dan pengemudi dalam kondisi yang optimal," tutup Lisye.

Jasa Marga juga mengingatkan pengguna jalan untuk merencanakan perjalanan mereka dengan bijak dengan menghindari waktu-waktu yang diprediksi menjadi puncak arus mudik dan balik, serta memanfaatkan diskon tarif tol semaksimal mungkin. Mereka juga diminta untuk patuh terhadap rambu-rambu dan arahan petugas di lapangan, serta selalu menerapkan protokol kesehatan.