EmitenNews.com -PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) pada partisipasinya di AIPF 2023, Jasa Marga menyambut baik peluang kerja sama perusahaan dengan skema strategic partnership  melalui empat ruas jalan tol Jasa Marga Group yang menjadi milestone selanjutnya untuk program asset recycling .

 

Direktur Bisnis Jasa Marga Reza Febriano menjelaskan, empat jalan tol tersebut terdiri dari dua jalan tol beroperasi, yaitu Jalan Tol Bali Mandara sepanjang 12,7 kilometer (km) dan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 97,27 km.

 

Selain itu, ada dua proyek jalan tol yang saat ini masih dalam proses konstruksi dan pembebasan lahan, yaitu Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan sepanjang 62 km dan Jalan Tol Yogyakarta - Bawen sepanjang 76 km.

 

Reza menambahkan, Jalan Tol Bali Mandara dan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda memiliki potensi pertumbuhan volume lalu lintas ke depannya, dengan kawasan sekitar jalan tol yang juga meningkat dan memberikan dampak positif pada pertumbuhan ekonomi.

 

Dengan Bali sebagai destinasi wisata internasional yang menarik minat wisatawan setiap tahunnya hingga akan dikembangkannya Ibu Kota Negara (IKN) Indonesia yang terletak di Kalimantan Timur, Jalan Tol Bali Mandara dan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda memiliki potensi yang sangat baik bagi para calon investor.

 

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Jasa Marga Pramitha Wulanjani menyampaikan kepada para investor potensial untuk tidak khawatir bekerja sama dengan Jasa Marga. Ini karena sebagai perusahaan publik, jalan tol yang dikelola Jasa Marga merupakan jalan tol layak yang secara finansial.

 

"Selain itu untuk menjamin pengembalian investasi, Pemerintah melalui Peraturan Presiden (PP) Nomor 17 Tahun 2021 tentang Jalan Tol juga mengatur penyesuaian tarif tol secara berkala setiap dua tahun menyesuaikan inflasi regional," ujar Pramitha melalui keterangan tertulisnya, Rabu (6/9/2023).

 

Hingga semester I-2023, Jasa Marga mengelola total panjang tol operasi hingga 1.260 km dengan total konsesi jalan tol mencapai 1.736 km. Sebagai perusahaan pengembang dan operator jalan tol terbesar di Indonesia, Jasa Marga konsisten melakukan penambahan jalan tol operasi dan konsesi jalan tol, dalam rangka menciptakan  value  bagi pemegang saham.