EmitenNews.com - Gubernur Ridwan Kamil sekeluarga boleh bernapas lega sedikit. Jasad sang putra sulung, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) yang hilang terseret arus di Sungai Aare, Bern, Swiss, Kamis (26/5/2022) siang, berhasil ditemukan, Rabu (8/6/2022) pagi, di Bendungan Engehalde, Bern, Swiss. Jasad Eril dilaporkan masih dalam kondisi utuh meski sudah 14 hari berada di dasar sungai itu. Ridwan Kamil langsung terbang ke Swiss setelah penemuan itu.


Ridwan Kamil melalui story Instagram @ridwankamil terungkap, masih utuhnya jasad Eril disebabkan karena suhu air Sungai Aare yang dingin. Suhu yang sangat dingin itulah yang membuat jenazah Eril tetap utuh saat ditemukan.


“Penjelasan ilmiah kenapa jasadnya Eril utuh. Sungai Aare yang sedingin kulkas dan minim fauna, membuat jasadnya terjaga setengah membeku sehingga tetap utuh, lengkap walau berada di dasar sungai selama 14 hari,” tulis Kang Emil, sapaan karib mantan Wali Kota Bandung itu, Jumat (10/6/2022).


Atas penemuan jasad putra tercinta, Kang Emil menyampaikan rasa syukur. Karena dengan ditemukannya jasad putra slungnya itu, dia bisa memandikan dan merawat jenasahnya sesuai Syariat Islam.


“Akhirnya Engkau memberikan kesempatan saya untuk kembali memeluk, membelai dan memandikan anak saya sesuai syariat Islam, juga mengadzankan dengan sempurna di telinganya persis seperti saat Eril lahir,” tulisnya.


Masih dalam unggahannya Kang Emil mengungkapkan perasaannya: “Sungguh mukjizat kecil yang sangat kami syukuri. Maha Besar Allah, atas ijinMu, selama 14 hari sungai Aare benar-benar melindungi dan mensucikan jasadnya dari marabahaya. Hai Eril, saatnya kamu pulang ke tanah air, untuk menghaturkan terima kasih kepada jutaan yang mendoakanmu.”


Seperti diketahui, jenazah Eril ditemukan di Bendungan Engehalde di Bern, Swiss, pada Rabu (8/6/2022) pukul 06.50 waktu setempat. Kang Emil mengungkapkan, saat ditemukan, kondisi Eril dalam keadaan utuh. Selain itu, dari tubuh Eril tercium wangi daun eucalyptus.


Ridwan Kamil akan membawa pulang jenazah Eril, berangkat dari Swiss pada Sabtu (11/6/2022). Menurut jadwal, mereka akan tiba ditanah air pada Minggu (12/6/2022). Rencananya, jenazah Eril akan dimakamkan di pemakaman keluarga di daerah Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (13/6/2022). ***