EmitenNews.com - PT Jasnita Telekomindo Tbk.(JAST) tetapkan harga pelaksanaan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMHMETD) atau rights issue sebesar Rp150 per saham pada nilai nominal Rp100 per saham

 

Manajemen JAST dalam prospektus yang disampaikan ke Bursa Efek Indonesia (BEI) menyebutkan, JAST menerbitkan sebanyak 406.813.350 saham biasa. Sehingga jumlah dana yang akan diterima JAST sebesar Rp61,02 miliar.

 

Setiap pemegang 2 saham yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham pada 7 April 2022, berhak mendapatkan 1 HMETD di mana setiap 1 HMETD berhak membeli 1 saham baru seharga Rp 150 per saham.

 

Seluruh dana yang diperoleh dari rights issue ini sekitar 8,3% dana tersebut akan digunakan sebagai belanja modal untuk peremajaan atau penambahan server guna meningkatkan kapasitas seiring dengan adanya peningkatan trafik koneksi dan telekomunikasi. Selain itu, dana tersebut juga akan dipakai perseroan untuk membuat backup dan melengkapi sistem Disaster Recovery Center (DRC).

 

Lalu sekitar 50% dana rights issue dipakai untuk pengembangan proyek smart city. Kendati begitu, proyek tersebut tidak terbatas pada infrastruktur penerangan jalan seperti lampu LED serta tiang dan aksesorisnya, tetapi juga pengembangan Global Positioning System (GPS) untuk pemetaan lokasi lampu jalan dan pengembangan aplikasi Control Management System (CMS) yang kompatibel dengan berbagai sensor Internet of Things (IoT) berbasis radio.

 

Sementara, sekitar 33,5% dana rights issue bakal dimanfaatkan untuk modal kerja perseroan dalam memenuhi kebutuhan operasional yang tidak terbatas pada biaya gaji dan tunjangan karyawan, biaya pemeliharaan, keperluan kantor, asuransi, pengembangan sumber daya manusia, dan pembiayaan di muka dari kemungkinan proyek yang dapat diperoleh perseroan.

 

Selanjutnya sekitar 8,2% sisanya akan dipakai untuk pinjaman kepada anak usaha, PT Sakti Makmur Pratama (SMP) yang akan digunakan sebagai modal kerja, pembayaran vendor, biaya gaji dan tunjangan karyawan, biaya pemeliharaan, keperluan kantor, asuransi, pengembangan sumber daya manusia serta pengembangan produk digital.

 

Bersamaan dengan pelaksanaan rights issue, JAST juga akan menerbitkan sebanyak 284.769.345 Waran I atau setara 35% dengan harga pelaksanaan Rp 188 per saham sehingga perseroan akan mendapatkan dana Rp53,5 miliar.

 

Seluruh dana hasil pelaksanaan Waran Seri I sekitar 80% akan digunakan sebagai modal kerja dalam memenuhi kebutuhan operasional dan sekitar 20% sebagai pinjaman modal kerja kepada anak usaha,yaitu PT SMP.