3.Kuatkan mindset dan skill set untuk menguasai apapun

Poin ketiga menjadi refleksi diri, tempat kita bertanya kepada diri sendiri “apa yang dapat ditingkatkan?” Kawan EmiteNews dapat menguasai apapun jika kita sudah melakukan itu selama 10 ribu jam.  


Jika kita menyempatkan waktu 3 jam dalam sehari untuk fokus meningkatkan apa yang kita kerjakan, artinya butuh 10 tahun untuk menjadi master/ahli. Perlu latihan dan tekad yang kuat untuk mencapai tujuan tersebut.


Selain meningkatkan diri dengan latihan secara konsisten, Putra memberikan semangat dengan tagar #NeverEndingImprovement di media sosialnya, yang memiliki arti tidak pernah berhenti belajar. Sebagai orang yang haus akan belajar, kita harus seperti gelas kosong agar dapat terisi minuman dari orang lain.


4.Cara cepat belajar, yaitu belajar dari yang sukses di bidangnya

Jalur cepat menuju sukses adalah belajar dari orang sukses. Putra menjadikan Warren Buffet sebagai salah satu dari top 3 di bidangnya (saham) dan Putra pernah berkesempatan untuk makan siang sama keluarga Buffet dan langsung belajar banyak dari ahli.


“Kalau bisa belajar cepat langsung ke expert, jadi kita tidak perlu mengulangi kesalahan dia dan bisa belajar cara dia sukses. Intinya ATP. Amati, Tiru, Plek”, ungkap pria 26 tahun.


Investasi paling mahal dan paling baik yang diyakini oleh Putra adalah investasi pendidikan (otak kita). Investasi pendidikan memberikan efek domino kepada orang sukses.


Dengan membaca buku, mendatangi seminar para expert, dan mendengar interviewnya, akan membuat pengetahuan dan skill jadi lebih banyak. Hal itu membuatnya mengambil keputusan jadi lebih baik, mendapatkan hasil lebih baik, dan nasib yang lebih baik pula.


"Jika kita sebagai manusia tidak baca buku, kita hidup hanya 70 - 80 tahun. Jika kita baca banyak buku, belajar dari pengalaman orang, kita seperti hidup selama seribu tahun," ucap pencetus Sekolah Investasi Putra.

  

5.Harus menjadi Top Of Mind orang lain

Putra memuji Justin sebagai salah satu top of mind (TOM) dalam kategori milenial Youtuber gaming Indonesia. Nama Content creator yang lebih sering membahas Mobile Legends sempat melambung ketika dirinya berhasil membeli Ferrari.


Putra meyakini jika seorang sudah menjadi TOM orang lain, pasti lebih sukses. “Kalau kita bisa jadi TOM orang lain, pasti jadi lebih sukses. Kita lebih dikenal dan kita akan dicari orang-orang sampai orang mikir kita lah nomor 1,” ujar Putra.


TOM tidak instan, namun bertahap. Dapat dimulai dari menjadi nomor satu di kelas, kemudian di sekolah, berlanjut di satu universitas, satu kota, satu provinsi, satu Indonesia, satu asia, hingga menjadi nomor satu dunia.


Anak muda di bawah usia 20 tahun memiliki aset mahal yang tidak bisa dibayar pakai uang, yaitu waktu masa muda. Putra berpesan anak-anak muda harus manfaatkan waktu dengan sangat baik. 


“Lima poin diatas sudah diketahui. Kerjakan dengan sungguh-sungguh, niscaya 10 tahun kedepan, anak-anak muda dapat menghasilkan seratus juta, satu milliar, hingga satu milliar dollar AS pertamanya,” tutup Putra. (LW)