EmitenNews.com - Betapa pentingnya mengembangkan infrastruktur informasi kredit. Dengan semangat itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan bahwa bunga kredit bisa turun apabila bank atau lembaga pembiayaan mengantongi informasi yang cukup terkait calon debitur.

 

Dalam seminar internasional terkait penilaian kredit di Nusa Dua, Bali, Jumat (17/3/2023), Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Mirza Adityaswara mengungkapkan, kalau suatu bank atau lembaga pembiayaan memiliki informasi cukup, dampaknya bunga bisa turun. Maka dari itu penting sekali kami mengembangkan infrastruktur informasi kredit.

 

Menurut rza Adityaswara apabila bank atau lembaga pembiayaan tidak memiliki cukup informasi dari debitur, bunga kredit yang diberikan diperkirakan akan tinggi sebagai salah satu bentuk mitigasi risiko kredit.

 

"Kalau bank atau lembaga pembiayaan informasinya tidak cukup, yang dilakukan apa? Diberi bunga yang tinggi," ucapnya.

 

Informasi kredit dari calon debitur dihimpun dalam Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) yang ada di OJK atau sebelumnya bernama BI-Checking yang dimiliki di Bank Indonesia (BI). Informasi kredit di SLIK, mencakup informasi dari perbankan dan lembaga pembiayaan. ***