EmitenNews.com - Muhaimin Iskandar memiliki program sendiri untuk menjamin ketersediaan pangan nasional. Jika memenangkan Pilpres 2024, bersama Capres Anies Baswedan, Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 itu, menyatakan, program food estate akan dihentikan. Ada gantinya. Pemerintahan di bawah Anies-Cak Imin akan memberdayakan petani untuk mendukung ketersediaan pangan nasional. 

 

"Jangan pangan tersedia, tapi petani jadi penonton. Itu enggak boleh. Karena itu program food estate kita hentikan. Kita ganti petani yang melahirkan pangan nasional," ujar Cak Imin di acara Slepet Imin Probolinggo, yang digelar di Kota Probolinggo, Jawa Timur pada Minggu (14/1/2024). 

 

Menurut Muhaimin Iskandar, food estate yang digarap Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mulanya dibangun untuk menaikkan produksi pangan, agar mampu menyediakan bahan pangan pokok secara cepat kepada masyarakat. Dalam prosesnya, teknis pendirian lumbung pangan itu, kata dia, dilakukan dengan membabat hutan lalu menanam tanaman dalam jumlah banyak. 

 

Dalam pandangan Muhaimin Iskandar, program food estate yang dijalankan pemerintahan Presiden Jokowi, perencanaannya tidak matang. Lebih baik, kata Ketua Umum mantan Menteri Tenaga Kerja itu, memberdayakan petani menjadi kekuatan produksi pangan sehingga petani kita menanam dan panen. Setelah panen pemerintah yang beli.

 

"Dengan begitu petani untung, pangan tersedia. Maka target pangan nasional itu bukan hanya untuk memenuhi pangan nasional tetapi juga sekaligus membuat petani kita makmur dan untung," tegas Ketua Umum PKB itu. 

 

Bercermin dengan pengalamannya bertemu para petani dalam masa kampanye Pilpres 2024 ini, Muhaimin Iskandar mengaku banyak menampung berbagai keluhan petani yang disampaikan kepadanya. Antara lain soal sulitnya memperoleh pupuk, lalu bibit tanaman yang kualitasnya jelek. Setelah panen, petani juga mendapati harga jual hasil panen rendah. 

 

"Kalau AMIN (Anies-Muhaimin) menang, petani harus nyaman bekerja, seluruh kebutuhan menanam dan produksi tersedia, panen hasilnya bagus sehingga petani bekerja, menguntungkan, punya tabungan dan bahagia," tegasnya. 

 

Sementara itu, dalam Dialog Capres Bersama Kadin, di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Jumat (12/1/2024), Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto mengatakan, pembangunan food estate tetap menjadi strategi utamanya untuk meningkatkan produksi pangan. 

 

Menjawab audiens acara itu, Prabowo Subianto mengatakan bahwa food estate sebagai strategi paling utama. “Salah satu strategi paling utama adalah food estate, lumbung padi yang sudah digagas oleh Pak Ibnu Sutowo dari tahun 1970, jadi sudah hampir 50 tahun lalu, dan ini satu-satunya jalan.”