EmitenNews.com - Di depan massa PDI Perjuangan yang memenuhi Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (24/6/2023), Presiden Joko Widodo mengemukakan soal pemikiran, dan cita-cita Presiden pertama RI, Sukarno. Jokowi mengingatkan pesan Bung Karno tentang persatuan.

 

Presiden Jokowi mengemukakan gagasan besar Bung Karno yang menjadi arah perjuangan bangsa. Dia mengatakan mediang ayah Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri itu, menginginkan Indonesia menjadi bangsa yang besar dan berperan di antara negara-negara dunia.

 

"Bung Karno telah memberikan arah perjuangan kita jadilah Indonesia bangsa yang besar. Jadilah Indonesia mercusuar yang gemilang, yang sinarnya menginspirasi banyak bangsa dan yang tampak berkilau di tengah peta dunia. Indonesia harus menjadi bangsa besar, kokoh, berdaulat dalam politik, berdikari dalam bidang ekonomi dan berkepribadian dalam berkebudayaan," ucap Presiden Jokowi saat menyampaikan sambutan dalam peringatan Bulan Bung Karno di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (24/6/2023).

 

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketua DPR Puan Maharani, dan sejumlah petinggi partai. Tidak ketinggalan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, yang juga bakal calon presiden 2024 dari PDIP.

 

Presiden Jokowi mengungkapkan, sejalan dengan cita-cita Bung Karno, Indonesia harus menjadi bangsa yang maju, adil dan makmur. Indonesia, harus dihormati di dunia.

 

"Kita harus segera meraih Indonesia maju yang adil dan makmur, Indonesia yang damai dan bersatu dan Indonesia yang dihormati dunia," ucapnya.

 

Pada bagian lain pidatonya, Jokowi kemudian mengingatkan soal pesan Bung Karno untuk menjaga persatuan bangsa. Dia mengatakan sesama anak bangsa tak boleh gontok-gontokan. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan hentikan semua pertikaian, yang mengarah pada rusaknya persatuan, dan kesatuan.

 

"Bung Karno pernah mengatakan, kita tidak boleh terpecah-pecah. Jangan gontok-gontokan. Jangan gebuk-gebukan. Jangan fitnah-fitnahan, setop semuanya itu. Kita harus bersatu padu. Kita harus terus bergotong royong sebagaimana pesan Bung Karno kita harus berjiwa cakrawati samudra berani mengarungi gelombang, kokoh menghadapi hempasan ombak," ucap Jokowi.

 

Penegasan Megawati Soekarnoputri