EmitenNews.com - Bakal makin lempang jalan Kaesang Pangarep menuju Depok 1. Putra bungsu Presiden Joko Widodo itu, sudah mendeklarasikan dirinya siap maju dalam pemilihan wali kota Depok. Pemilik usaha Sang Pisang, dan bisnis kuliner itu, mengaku sudah mendapat restu dari keluarga. Belakangan Presiden Jokowi mengatakan, tugasnya sebagai orang tua adalah memberi restu, dan mendoakan apa pun pilihan anak-anaknya.

 

Saat memberikan keterangan pers di Kantor BPKP, Jakarta Timur, Rabu (14/6/2023), Presiden Jokowi memberikan respons atas pernyataan Kaesang Pangarep, yang siap menjadi "Depok Pertama". Awalnya, Presiden meminta wartawan bertanya langasung ke Kaesang. "Tanyakan ke dia, tanyakan ke dia."

 

Jokowi juga tidak menjawab secara tegas soal kemungkinan Kaesang benar-benar maju dalam pilwakot Depok. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyatakan, sebagai orang tua, ia tidak mau campur tangan dalam urusan anak-anaknya, yang sudah berkeluarga. Tentu termasuk Kaesang yang beberapa bulan lalu telah mengakhiri masa lanjangnya. 

 

"Saya itu terbiasa ya, terbiasa kalau yang namanya anak sudah berkeluarga, saya punya anak sudah berkeluarga, itu tanggung jawabnya sudah di mereka," tutur Jokowi.

 

Meski begitu, Jokowi mengaku, jika dimintai saran, ia pasti memberikan saran. Tapi kalau tidak ditanya, ia memilih diam, pasti tidak memberikan saran. Jadi, ia kembali mempersilahkan wartawan langsung bertanya ke Kaesang Pangarep, yang akan memilih jalannya sendiri sebagai pria dewasa, dan sudah berkeluarga.

 

Tetapi, saat ditanya apakah sudah memberikan restu kepada Kaesang untuk maju dalam pencalonan kepala daerah Kota Depok, Jawa Barat, Jokowi menjawab singkat, sebagai orang tua ia pasti memberikan restu, dan doa.  "Tugasnya orang tua itu merestui dan mendoakan."

 

Sebelumnya, Kaesang Pangarep terang-terangan menyatakan kesiapannya maju dalam pemilihan wali kota Depok. Ia memberi jawaban jelas terkait dukungan agar ia maju sebagai calon wali kota Depok. Dalam video berjudul "Klarikasi, Saya Buka Suara" di kanal YouTube Kaesang Pangarep by GK Hebat, suami dari Erina Gudono itu menyampaikan bahwa dirinya siap untuk maju sebagai Depok 1. 

 

"Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Syalom, Om swastiastu, Namo Buddhaya, Salam Kebajikan. Saya Kaesang Pangarep, saya sudah mendapatkan izin dan restu dari keluarga. Insya Allah dengan ini saya siap untuk hadir menjadi Depok pertama. Mohon dukungannya, merdeka!" ujar Kaesang Pangarep.

 

Rencana Kaesang Pangarep maju calon wali kota Depok itu, sudah mendapatkan dukungan dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Baliho raksasa bergambar foto diri Kaesang terpasang di Jalan Margonda, Depok, Jawa Barat. Jalan Margonda adalah salah satu jalur penghubung utama dari Depok menuju Jakarta.