EmitenNews.com—Situasi pada beberapa tahun kedepan masih akan sangat menantang bagi keuangan negara dan perekonomian domestik karena ancaman tidak hanya berasal dari sisi perekonomian, tapi juga dari sisi keamanan dan geopolitik. Selama masa yang tidak menentu ini, perlunya kita tetap waspada dalam menentukan pilihan dan keputusan untuk beradaptasi terhadap perubahan iklim bisnis di masa depan. 


Namun PT Campina Ice Cream Industry, Tbk (CAMP) tetap percaya dalam kondisi tersebut bahwa industri es krim yang makin bertumbuh, seiring tumbuhnya generasi muda yang sekarang mencapai 150 juta jiwa, gaya hidup milenial urban lifestyle, iklim tropis sepanjang tahun, ditambah dengan penurunan angka covid yang sudah jauh lebih baik dari 2 tahun sebelumnya.


“Aktivitas masyarakat yang kembali normal serta tingkat memberikan kesempatan yang lebih luas bagi perusahaan untuk mendapatkan momentum penjualan,” tulis manajemen Campina dalam materi papan publiknya.


hal itu sejalan dengan pertumbuhan ekonomi nasional Q3 2022 yang naik 5,70 persen YoY, pertumbuhan industri makanan & minuman dari data statistik Bank Indonesia Q3 2022 naik 17,8 persen, Perseroan menggalakkan kanal digital dan marketplace sebagai sarana penjualan online activation.


Lalu perseroan juga melakukan peluncuran produk-produk baru yang ada di masyarakat yang cukup menambah excitement dari segmen premium maupun refreshment. Dari sisi operasional perseroan melakukan upaya cost saving dari manajemen untuk dapat memaksimalkan perusahaan dalam menjaga pertumbuhan laba.


Lalu perseroan juga membagikan dividen Rp35 per saham sesuai dengan keputusan Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan yang diselenggarakan pada 22 Juli lalu.


Walaupun adanya gejolak perekonomian secara global & nasional. Optimisme pencapaian target dan pertumbuhan dapat diraih hingga akhir Q4 2022, namun masih melihat risiko yang terjadi kedepannya. Hal ini seiring dengan Peningkatan 12,79% penjualan dan 28,62% laba bersih di Q3 dibanding periode sebelumnya.


Untuk pondasi bisnis atau fundamentalnya, manajemen perseroan akan fokus pada dasar industri yang kuat, jaringan distribusi yang kuat dan luas di Indonesia. Proses produksi dan pengendalian di seluruh supply chain yang higienis dan berkualitas tinggi. Pengembangan produk yang inovatif dan berkelanjutan. Menjadi produsen Es Krim Lokal terbesar di Indonesia melalui tim Manajemen yang berpengalaman.


Perseroan memperluas platform distribusi di Pulau Jawa dengan meningkatkan penetrasi pedagang eceran modern dan tradisional. Meningkatkan kapasitas produksi saat ini dengan adanya penambahan mesin dan investasi pada mesin untuk beberapa produk baru.