EmitenNews.com - Ini cara Kementerian Pertanian mengawal program Super Prioritas Nasional Food Estate, di antaranya dalam mengadaptasi perubahan iklim. Melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Kementan kembali melakukan pelatihan di bawah naungan Balai Besar Pelatihan Pertanian [BBPP] Binuang untuk meningkatkan frekuensi, kualitas dan distribusi melalui daring maupun luring.


"Dampak perubahan iklim menjadi tantangan sangat besar di sektor pertanian. Karena itu, tahun ini Kementan akan memfokuskan pelatihan dalam antisipasi perubahan iklim”, ujar Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat membuka pelatihan secara virtual, Jumat (4/3/2022).


Mentan SYL juga menegaskan cuaca merupakan tantangan baru yang harus dihadapi. Setidaknya, ada tiga agenda untuk menghadapi tantangan tersebut, di antaranya perbaiki agenda intelektual atau mindset bagaimana menghadapi tantangan adaptasi situasi yang ada. Selanjutnya, agenda manajemen terhadap tantangan yang ada dan mengubah perilaku budidaya pertanian dengan sistem teknologi digital.


"Menghadapi suatu tantangan, dan kondisi yang unpredictable seperti climate change dan tentu dampak pandemi Covid-19 ini baru kita hadapi, oleh karena itu ini luar biasa, kondisi ini tidak bisa dispekulasi”, tambah Mentan Syahrul.


Dedi Nursyamsi, Kepala BPPPSDMP mengatakan pelatihan yang digelar Kementan harus mampu mengubah perilaku SDM pertanian dalam jangka panjang. Sebab, Perubahan iklim akan terus terjadi. “Penyuluh sebagai agen harus mengubah perilaku petani untuk dapat mengimplementasikan teknologi untuk mengenjot produktivitas.”


Menurut Dedi, pertumbuhan petani milenial harus terus didorong secara massif dengan mengoptimalkan peran petani milenial. Diharapkan dengan pelatihan ini dapat mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki, serta memanfaatkan teknologi mutakhir melalui optimalisasi peran petani dan penyuluh dalam pencapaian program swasembada pangan, di provinsi, kabupaten dan kecamatan.


Kegiatan pelatihan dilaksanakan pada tanggal 2-3 Maret 2022. Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh  dengan tema `Adaptasi dan Mitigasi Pertanian terhadap Perubahan Iklim.


Yulia Asni Kurniawati selaku Kepala BBPP Binuang menyampaikan perubahan iklim  bagaimana cara beradaptasi dan mitigasi iklim dalam berbudidaya padi lahan rawa. Disiarkan langsung dari studi Wisatani BBPP Binuang. ***