EmitenNews.com - Pembangunan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara terus digenjot. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan 10 paket pembangunan infrastruktur dasar di IKN Kalimantan Timur telah selesai. Salah satunya Bendungan Sepaku Semoi, di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

 

"Dari total 75 paket yang kita programkan dari Tahun 2020 hingga Tahun 2024, sebanyak 37 paket sedang berjalan pembangunannya, kemudian 10 paket telah selesai. Sisanya 28 paket dalam proses lelang," ujar Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja di Jakarta, Jumat (28/7/2023).

 

Dari paket-paket pembangunan tersebut memang sudah ada yang selesai karena pembangunannya dimulai dari Tahun 2020. Di antaranya, Bendungan Sepaku Semoi yang dalam waktu dekat selesai dan siap dioperasikan.



Lalu, infrastruktur Embung Mentawir yang pembangunannya telah selesai. Kemudian Jalan Logistik IKN dan Hunian Pekerja Konstruksi IKN juga sudah dirampungkan.

 

Sedangkan untuk pembangunan paket-paket IKN lainnya, Kementerian PUPR berupaya mempercepat konstruksinya supaya bisa selesai tepat waktu.

 

Endra mengunggkapkan, pihaknya melaporkan mengenai progres pembangunan infrastruktur dasar IKN secara keseluruhan adalah 18 persen. Semua itu, terbagi menjadi dua tahapan yakni tahapan pertama progresnya sudah 37 persen. Tahap kedua yang baru dimulai pada tahun ini progresnya baru 2 persen. ***