EmitenNews.com - PT Sumber Global Energy (SGER) menyuntik modal PT Sumber Mineral Global Abadi Rp120 miliar. Setoran dana itu, untuk memperkuat struktur permodalan entitas usaha. Sekaligus menggenjot kinerja secara berkelanjutan. 


Penambahan modal dasar anak usaha itu telah dilakukan pada 24 Juni 2022. ”Setoran modal untuk memperkuat performa Sumber Mineral Global Abadi,” tulis Welly Thomas, President Director Sumber Global Energy. 


Transaksi itu, tidak berdampak material terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, atau kelangsungan usaha emiten sebagai perusahaan publik. ”Suntikan modal itu akan berdampak positif bagi peningkatan kinerja anak usaha perseroan,” imbuhnya. 


Sekadar informasi, Sumber Global Energi pada 20 Juli akan mencairkan dividen Rp39 miliar. Itu setara 19,7 persen dari koleksi laba bersih tahun lalu Rp202 miliar. Jadi, pemegang saham akan menerima santunan dividen Rp17 per lembar.


Pada 24 Desember 2021, Summer Global Energi telah mencairkan dividen interim Rp17,63 miliar alias Rp9 per lembar. Dengan begitu, sepanjang tahun ini, perseroan menggelontor dividen total Rp57,47 miliar alias Rp26 per lembar. 


Selanjutnya, Rp10 miliar dari laba bersih ditetapkan sebagai dana cadangan, dan sisa laba bersih Rp134,53 miliar ditetapkan sebagai laba ditahan dengan alokasi penggunaan tidak dibatasi. Keputusan itu, telah dipatenkan dalam rapat umum pemegang saham tahunan perseroan pada Selasa, 21 Juni 2022. (*)