EmitenNews.com - PT Trisula International (TRIS) rutin membagikan dividen kepada para pemegang saham. Tahun ini, Trisula berencana membagi dividen Rp5,4 miliar dari total laba bersih tahun buku 2021. Rencana pembagian dividen itu, telah disetujui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Rabu, 27 April 2022 di Trisula Center, Jakarta.


Widjaya Djohan Direktur Utama Trisula mengaku bersyukur sepanjang 2021 dapat mempertahankan kinerja positif di tengah pemulihan pandemi Covid-19. Bahkan Trisula secara konsisten membagi dividen kepada para pemegang saham. Itu tidak lepas dari dukungan, dan kepercayaan dari berbagai pihak. ”Pembagian dividen juga merupakan apresiasi kami kepada para pemegang saham,” tutur Djohan.


Selain itu, pemegang saham juga menyetujui perubahan susunan direksi dan dewan komisaris baru periode 2022-2024, yaitu Widjaya Djohan Direktur Utama, Kartono Budiman Direktur, Tjhoi Lisa Tjahjadi Komisaris Utama, dan Fendy Sutanto Komisaris Independen Trisula.


Tahun 2021, penuh tekanan seiring kemunculan varian baru Covid-19 berdampak signifikan bagi para pelaku usaha pada umumnya. Trisula mencatat penurunan penjualan neto 3,8 persen menjadi Rp1,10 triliun pada 2021, merupakan dampak penurunan kinerja penjualan lokal turun 21,9 persen, terutama segmen penjualan seragam paling terpengaruh akibat pembatas sosial dan penundaan projek pengadaan seragam. 


Namun, Trisula bersyukur kinerja penjualan ekspor meningkat 14,1 persen, tentu tidak lepas dari kepercaan pelanggan, kualitas, dan ketepatan waktu pengiriman. Sepanjang 2021, kontribusi pasar ekspor didominasi Australia, Selandia Baru, Amerika, Jepang, dan Inggris. Trisula juga mencatat laba usaha Rp43,8 miliar, naik 30,5 persen, dan laba neto tahun berjalan Rp18,02 miliar, melesat 552,1 persen.


Pencapaian itu, tidak lepas dari upaya Trisula untuk terus membuat produk berkualitas, terus berinovasi sehingga dapat dipercaya, dan mampu bersaing di pasar global. ”Ke depan, Trisula akan terus memperluas pasar, baik domestik maupun global melalui penjualan secara online dan offline. Pada 2021, Trisula sudah membuat platform e-commerce sendiri bersama Trisula Group, yakni Yukshopping.com. Kami optimistis melihat kondisi perekonomian global, Indonesia, dan industri garmen mulai kembali bergeliat, dan berbagai strategi akan dijalankan diharap dapat mendorong kinerja lebih baik lagi,” harap Djohan. (*)