EmitenNews.com -PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) bersama dengan Singapore Airlines terus memperkuat jalinan kerja sama strategis dalam pengembangan jaringan penerbangan yang semakin seamless antara Indonesia dan Singapura.

 

Komitmen tersebut ditandai dengan penjajakan kerja sama komersial melalui pendekatan skema joint venture rute penerbangan antara kedua maskapai yang akan dilakukan pada rute penerbangan Singapura-Denpasar, Singapura-Jakarta, dan Singapura-Surabaya. Kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari perluasan kolaborasi komersial yang telah terjalin sejak November 2021.

 

Melalui kerja sama ini nantinya akan memungkinkan Garuda Indonesia dan Singapore Airlines untuk mengoptimalkan strategi pengembangan jaringan penerbangan antara Singapura dan Indonesia dengan menambah ragam pilihan jadwal penerbangan yang saling melengkapi antara Garuda Indonesia dan Singapore Airlines, termasuk dengan memberikan harga yang lebih kompetitif bagi pengguna jasa kedua maskapai.

 

Kerja sama ini sekaligus memperkuat landasan kolaborasi program corporate antara kedua maskapai yang dapat dikembangkan ke depannya.

 

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengungkapkan bahwa dengan telah terjalinnya kerja sama selama lebih dari satu dekade antara Garuda Indonesia dan Singapore Airlines, kolaborasi dengan skema joint venture rute penerbangan ini akan menjadi inisiatif lanjutan perluasan kerja sama yang memberikan nilai lebih bagi pengalaman terbang untuk kedua pelanggan kedua maskapai.

 

"Kerja sama ini juga merupakan bagian dari upaya kami untuk meningkatkan kinerja perusahaan melalui strategi jaringan kami dengan mengoptimalkan jadwal penerbangan melalui kemitraan bersama Singapore Airlines," papar Irfan dalam keterangan resmi, Senin (29/5/2023).

 

Melalui inisiatif ini, lanjutnya, kedua maskapai sepakat untuk mengeksplorasi lebih banyak keuntungan bagi pengguna jasa penerbangan, dengan menawarkan pilihan ragam jadwal yang selaras dengan standar layanan yang diusung oleh Garuda Indonesia dan Singapore Airlines.

 

"Selain itu, kolaborasi ini juga diharapkan memperkuat hubungan bilateral strategis antara Indonesia dan Singapura, khususnya di bidang pariwisata dalam meningkatkan peluang kunjungan wisatawan mancanegara ke berbagai destinasi eksotis dan unggulan di Indonesia dan Singapura," kata Irfan.

 

Sementara itu, Chief Executive Officer Singapore Airlines, Goh Choon Phong mengatakan, joint venture ini akan menjadi kolaborasi yang memberikan keuntungan bagi kedua maskapai melalui peningkatan kemitraan jangka panjang antara Garuda Indonesia dan Singapore Airlines.