EmitenNews.com -PT PGN Tbk (PGAS) dan PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI) atau Surge beserta anak usahanya PT Integrasi Jaringan Ekosistem (Weave) secara resmi menandatangani Key Term Sheet yang merupakan pokok-pokok Perjanjian Kerjasama Pengembangan Jaringan Pipa Gas dan Penyediaan Layanan ICT untuk Sektor Rumah Tangga dan Komersial. Penandatanganan ini dilakukan oleh Direktur Sales dan Operasi PGN Ratih Esti Prihatini dan Presiden Direktur SURGE Yune Marketatmo.

Kerjasama ini akan mentargetkan 2,5 juta rumah tangga di Pulau Jawa melalui penyediaan infrastruktur jaringan pipa gas oleh PGN dan jaringan internet oleh SURGE, dimana akan memberikan layanan jaringan gas dan internet handal dengan harga yang terjangkau kepada rumah tangga dan komersial. Dengan kerjasama ini diharapkan akan mempercepat penetrasi serta distribusi jaringan gas beserta internet yang lebih merata, terjangkau, dan dapat dapat memberikan dampak pada perkembangan ekonomi masyarakat. 

Pemerintah telah menetapkan target pengembangan jaringan gas rumah tangga sebanyak 2,5 juta sambungan rumah. Melalui kerjasama ini maka PGN dan Surge sepakat untuk melakukan Joint Marketing, Joint Construction, dan/atau Bundling Product atas layanan jargas dan layanan internet untuk sektor rumah tangga dan komersial. Dengan kerjasama ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah atas layanan jaringan gas kepada calon pelanggan yaitu berupa layanan berlangganan internet yang terjangkau sehingga dapat meningkatkan nilai keekonomian proyek jargas. 

“Surge sangat menyambut baik kolaborasi antara PGN ini, dimana kami menyediakan layanan internet bagi PGN dalam meningkatkan utilisasi jaringan pipas gas, kami akan terus melakukan pengembangan dan pemasaran layanan jargas dan layanan internet untuk sektor rumah tangga dan komersial. Kami akan terus berkoordinasi dan mendukung upaya-upaya yang dilakukan PGN dalam percepatan penyediaan jaringan gas dan intenet bagi rumah tangga yang akan berdampak pada peningkatan ekonomi Indonesia,” ujar Presiden Direktur SURGE, Yune Marketatmo, 10/06/24.

Kerja sama PGN dan SURGE akan bernilai penting untuk mendukung pemerintah dalam mendorong pemanfaatan gas bumi melalui jargas di dalam negeri. Manfaat program jargas dapat membantu mengurangi impor LPG dan menghemat biaya subsidi energi pemerintah. Manfaat pengurangan impor LPG dan biaya subsidi energi akan semakin besar seiring dengan bertambahnya jumlah sambungan rumah tangga.