EmitenNews.com - Terkait konservasi keanekaragaman hayati, pengelolaan hutan lestari, pengendalian pencemaran lingkungan maupun isu global perubahan iklim, dan kerusakan lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memperteguh komitmen untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

 

Dalam pernyataannya di Jakarta, Jumat (3/3/2023). Direktur Jenderal Pengelolaan Hutan Lestari KLHK, Agus Justianto mengatakan pihaknya memperteguh komitmen dan tanggung jawab dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Tujuannya untuk kesejahteraan seluruh umat manusia.

 

"Saat ini, dunia menghadapi tantangan yang berat. Bumi mengalami tantangan lipat tiga atau triple planet challenging, yaitu perubahan iklim, kehilangan keanekaragaman hayati, dan polusi. Ketiganya itu saling terkait dan sangat mendesak untuk diatasi," kata Agus Justianto.

 

Untuk mengatasinya, pilihan terbaik adalah saling bekerja sama untuk melakukan akselerasi aksi-aksi nyata menghadapi tantangan itu.

 

Satu hal, pandemi Covid-19 telah mengajarkan umat manusia bahwa tidak ada satu negara pun yang dapat mengatasi krisis sendirian. Perubahan iklim juga menuntut untuk mengedepankan multilateralisme, paradigma kolaborasi, dan kerja sama.

 

"Kita semua harus menjadi bagian dari solusi. Kita harus mencegah kenaikan suhu global agar tidak melebihi 1,5 derajat Celcius," ucap Agus Justianto. ***