EmitenNews.com - Goto Gojek Tokopedia (GOTO) mengeksekusi transaksi afiliasi senilai Rp583,12 miliar. Itu dilakukan dengan cara anak usaha perseroan yaitu Paket Anak Bangsa (PAB) memborong 441.758 saham Swift Logistic Solutions (SLS). So, PAB menjadi pemegang mayoritas saham SLS.


Nah, dari penerbitan saham baru kepada PAB, SLS akan memperoleh agio saham yang merupakan selisih antara total nilai pengambilalihan SLS oleh PAB sejumlah Rp583,12 miliar dengan total nilai nominal saham baru senilai Rp441,75 miliar, yaitu sebesar Rp141,36 miliar yang akan dicatatkan dalam laporan keuangan SLS. 


Goto Gojek berharap memperoleh manfaat secara tidak langsung dari transaksi tersebut. Di antaranya peningkatan perolehan dividen dari SLS di masa mendatang. Dengan begitu, secara tidak langsung akan memberikan peningkatan keuntungan atas investasi yang telah dilakukan pemegang saham, termasuk pemegang saham publik. 


Transaksi afiliasi tersebut bertujuan dan bagian dari reorganisasi, dan konsolidasi struktur group. Di mana, PAB sebagai penyerap saham baru yang diterbitkan SLS, menggunakan pembiayaan internal untuk menuntaskan transaksi tersebut. 


PAB merupakan anak usaha perseroan dengan kepemilikan 99,99 persen. Sedang SLS dikuasai secara tidak langsung via Semangat Gerak Tangkas (SGT) dengan kepemilikan 67 persen. ”Transaksi telah diteken pada 6 Januari 2023,” tulis Manajemen Goto Gojek. (*)