EmitenNews.com -  Entitas usaha MNC Group, PT MNC Studio International Tbk resmi berganti nama menjadi PT MNC Digital Entertainment Tbk (MSIN). Perseroan dalam RUPSLB kali menyetujui perubahan jajaran manajemen. Hary Tanoesoedibjo kini secara resmi menjadi Direktur Utama MSIN menggantikan posisi Direktur Utama sebelumnya Ella Kartika yang kini menjadi Direktur.

 

MSIN ini mengkonsolidasikan 3 unit usaha MNC yang pertama MNC Digital atau RCTI+ (PT MNC Digital Indonesia) yang meliputi unit usaha seperti okezone.com, sindonews.com, inews.id, idxchannel.com, celebrities.id, sportstars.id. Lalu ada BuddyKu (PT MNC Portal Indonesia), dan Vision+ (PT MNC OTT Network).

 

Hary Tanoesoedibjo CEO MSIN mengatakan, selain dengan komposisi bisnis yang ada saat ini, Perseroan kini telah dilengkapi dengan portofolio platform distribusi digital komprehensif melalui RCTI+ (AVOD superapp) & Vision+ (SVOD superapp), dan 7 portal online, yang akan bertindak sebagai platform utama untuk memaksimalkan monetisasi konten MSIN yang memiliki kualitas terbaik, yang pada akhirnya dapat secara signifikan meningkatkan basis audiens digital Perseroan.

 

Adapun untuk tahun ini Hary Tanoe menyatakan bahwa dengan konsolidasi ini, perseroan sangat percaya diri bakal mengantongi pendapatan bersih diperkirakan bakal melonjak 70 persen dari Kuartal III 2021.

 

Adapun PT MNC Studios International Tbk (MSIN) pada sembilan bulan pertama tahun 2021  membukukan pertumbuhan laba bersih sebesar 70% YoY, dari Rp124,3 miliar pada 9M-2020 menjadi Rp211,2 miliar pada 9M-2021. “Dengan masuknya beberapa perusahaan tersebut akan mendongkrak pendapatan lebih bagus lagi,” tandas Hary Tanoe dalam konferensi Pers yang dilakukan, Jumat (11/3/2022).

 

Namun, ketika ditanyakan terkait dengan belanja modal atau Capex Hary Tanoesoedibjo menyatakan bahwa pengeluaran terbesar bakal terserap pada pos untuk  Peningkatan konten, peningkatan apl, gaming, kecuali akan ekspansi ke luar negeri. Sayangnya, Dia tidak menyebutkan berapa jumlah pastinya.

 

Itu seiring pengambilalihan MNC Digital Indonesia, MNC Portal Indonesia, MNC OTT Network, dan penerbitan surat sanggup untuk Media Nusantara Citra (MNCN), dan MNC Vision Networks. Berdasar rencana konsolidasi aset digital Media Nusantara Citra (MNCN) dalam MNC Studios International terdiri dari tiga aset utama digital. 

 

Meliputi lini bisnis super apps, dan portal termasuk RCTI plus didapuk sebagai Advertising Video on Demand (Avod) super apps, Vision plus disebut sebagai Subscription Video on Demand (Svod) super apps, portal berita, dan umum diisi Okezone.com, Sindonews.com, iNews.id, IDX Channel, Celebrities.id, sportstars.id. Terakhir, portal berita berbasis artificial intelligence (AI) BuddyKu.

 

Layanan RCTI plus terdiri atas 5 jenis konten, yaitu video streaming, aggregator berita, audio aggregator, UGC Competition, dan Games Aggregator. Khusus games aggregator akan dipindahkan ke VisionPlus, dan diganti music aggregator. ”Gamesplus diganti jadi musicplus,” tegas Investor Relations MNC Studios International Fadel Putra.