EmitenNews.com - Estika Tata Tiara (BEEF) akan menerbitkan private placement senilai Rp350 miliar. Itu dengan menjajakan 5.147.058.824 helai alias 4,14 miliar eksemplar pada harga pelaksanaan Rp68. Saham anyar seri B itu, juga dibalut dengan nominal Rp68 per eksemplar. 


Pihak penerima saham seri B baru dalam private placement yaitu Asia Agri International Pte Ltd (AAI). Pelaksanaan penerbitan saham baru dalam private placement dilakukan pada Jumat, 23 Juni 2023. Dengan penuntasan transaksi itu, dilusi kepemilikan saham maksimum 73,21 persen. 


Private placement itu, merupakan bentuk penyelesaian utang perseroan Rp350 miliar menjadi 5.147.058.824 helai alias 5,14 miliar saham seri B baru dengan harga pelaksanaan setara dengan nilai nominal saham seri B yaitu Rp68.


Penerbitan saham seri B baru dengan bentuk penyetoran berupa konversi utang perseroan berdasar akta perjanjian penyelesaian utang nomor 12 tanggal 09 Agustus 2022. Itu menyusul putusan perdamaian atas perkara nomor 176/Pdt.Sus-PKPU/PN Niaga Jkt.Pst dalam perkara PKPU. Salah satu poin wajib dilakukan perseroan, dalam restrukturisasi sejumlah utang, dan memperbaiki posisi keuangan dengan cara mengonversi sebagian utang pokok menjadi saham.


Caranya, yaitu dengan menerbitkan sejumlah saham seri baru. Saham anyar itu, memiliki hak sama dan sederajat dalam segala hal dengan saham-saham lain yang telah diterbitkan lebih dahulu oleh perseroan. Itu sebagai bentuk penyelesaian pembayaran kembali sebagian utang perseroan. (*)