EmitenNews.com - Konyol betul Baim Wong. Bersama istrinya, Paula Verhoeven, artis sekaligus youtuber itu, membuat prank KDRT, yang akhirnya dinilai merendahkan pihak kepolisian. Senin (3/10/2022) pagi, ayah dua anak itu, sebenarnya sudah meminta maaf ke polisi, tetapi seperti kata Plt Kapolsek Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Kompol Febriman Sarlase, kasus prank dari Baim Wong dan Paula Verhoeven itu tetap akan ditindaklanjuti.


Kepada pers, Kompol Febriman Sarlase, di Polsek Kebayoran Lama, mengungkapkan, kasus prank KDRT itu telah diserahkan ke Polres Metro Jakarta Selatan. Alasannya, kasus yang melibatkan dua seleb Baim Wong dan Paula Verhoeven itu, sebagai public figure dapat memberikan dampak bagi banyak orang.


"Nanti pimpinan Polres yang akan menindaklanjuti, karena Baim dan Paula ini public figure. Jadi diambil oleh Polres Jakarta Selatan. Kita tunggu perkembangannya,” kata Kompol Febriman.


Soal penyesalan, dan permintaan maaf Baim Wong atas konten prank KDRT itu, menurut Febriman, tidak menghalangi pihaknya untuk menindaklanjuti kasus hukumnya. "Mungkin dari Baim ada niat baik meminta maaf, silakan saja. Sah-sah saja, tetapi tanpa mengesampingkan perbuatannya yang mencemarkan institusi kepolisian dengan membuat prank untuk konten pribadi. Kita tunggu perkembangan dari Polres."


Mengenai motif Baim Wong melakukan konten prank itu pun pihak kepolisian masih belum mengetahuinya. Febriman mengaku belum dapat memberikan keterangan lebih lanjut kepada publik. "Saya nggak tahu motifnya apa. Mungkin lagi ngetren KDRT kan kasus Billar itu, mungkin dia ikut-ikutan. Saya nggak berani ngomong banyak soal itu, nanti dari Polres saja yang menjelaskan."


Senin pagi Baim Wong telah meminta maaf atas konten pranknya itu. Baim Wong mengaku sangat bersalah dan mengungkapkan permohonan maaf secara langsung di Polsek Kebayoran Lama. Ia mengaku tak memiliki tujuan dan maksud tertentu saat membuat konten prank KDRT yang viral itu. Ia hanya mengakui kesalahannya dan datang ke Polsek Kebayoran Lama, Jakarta Selatan untuk meminta maaf.


Baim Wong juga mengaku telah introspeksi diri dari kesalahannya. Baim mengakui sebuah institusi negara tidak boleh dipermainkan seperti yang telah ia lakukan baru-baru ini. "Saya minta maaf karena salah, introspeksi diri karena nggak boleh mempermainkan institusi negara. Kita harus hargai institusi pemerintah kita."


Baim Wong juga tak masalah banyak orang kini tengah mengecamnya. Ia merasa memang hal itu pantas didapatkannya. Ia mengaku beberapa kali sempat meminta agar publik terus mengingatkannya atas kesalahan-kesalahannya yang kerap terjadi.


"Bagi yang menegur kita dengan caranya masing-masing, saya nggak apa-apa. Memang harus seperti ini, jadi tolong tegur saya terus kalau saya salah. Karena saya manusia, pikirannya nggak kenapa-kenapa ternyata ya begini, cuma tegur terus nggak apa-apa, biar belajar terus," papar Baim Wong.


Seperti diketahui, Baim Wong belum lama ini mengunggah sebuah video di YouTube yang menampilkan sang istri, Paula Verhoeven, tengah berada di Polsek Kebayoran Lama. Kala itu, Paula Verhoeven disebut-sebut akan melaporkan Baim Wong dengan tuduhan dugaan KDRT.


Rupanya konten itu hanya sebuah jebakan atau prank. Paula Verhoeven dan Baim Wong tak benar-benar sedang dalam masalah keluarga. Prank yang terekam dalam video yang sempat tayang di kanal Youtube Baim Paula pada Minggu (2/10/2022) siang itu, kini telah dihapus.


Saat berpura-pura membuat laporan kasus KDRT, Paula yang bertugas melapor ke polisi. Baim duduk di dalam mobil dan memantau aktivitas Paula yang terekam kamera. Baim terlihat tertawa-tawa saat Paula masuk ke Polsek Kebayoran Lama. Ia juga merasa sedikit tegang.


Sesampainya di kantor Polsek Kebayoran Lama, Paula mengatakan ia hendak melaporkan suaminya yang telah berbuat kekerasan kepadanya. "Ini suami saya KDRT, Pak. Makanya saya mau bikin laporannya. Gimana ya, Pak?" kata Paula.


Polisi yang bertugas awalnya tak mengetahui perempuan itu, Paula yang selama ini dikenal sebagai model, karena masker yang dipakai. Ia kemudian meminta Paula melepas maskernya dan mulai mengenali Paula. "Paula?" ujar anggota polisi yang bertugas lantaran kaget. "Iya, Paula," tutur istri Baim Wong itu.


"Subhanallah," balas sang polisi masih tak percaya.


Sontak saja video itu memantik kecaman banyak pihak, termasuk dari Komnas Perempuan yang meminta polisi memeriksa Baim Wong, dan istrinya Paula. Tindak mereka itu dinilai sudah melanggar, dan bisa dijerat dengan pasal pidana.


Rupanya konten itu hanya sebuah jebakan atau prank. Paula Verhoeven dan Baim Wong tak benar-benar sedang dalam masalah keluarga.