EmitenNews.com - Heidelberg Materials AG menjadi pengendali langsung Indocement Tunggal Prakarsa (INTP). Itu setelah Heidelberg menyerok 1.877.480.863 helai alias 1,87 miliar saham perseroan dari Birchwood. Heidelberg pemilik 100 persen saham Birchwood.


Pengalihan saham selevel 51 persen itu, dibalut dengan harga pelaksanaan Rp11.022 per lembar setara dengan GBP0,57. Nah, dengan skema harga tersebut, transaksi pengalihan saham itu, bernilai kurang lebih sebesar Rp20,69 triliun. 


”Tujuan transaksi untuk restrukturisasi grup. Tidak ada perubahan pemegang saham pengendali perseroan. Transaksi ini, hanya mengakibatkan perubahan kepemilikan kami dalam perseroan dari semula tidak langsung menjadi kepemilikan langsung,” tegas Rene Kuhnau, Director Group Tax Heidelberg Materials AG. 


Heidelberg AG merupakan pengendali tidak langsung perseroan melalui Birchwood. Transaksi Birchwood dan Heidelberg AG merupakan transaksi antara orang dalam sebagaimana diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan nomor 78/POJK.04/2027 tentang transaksi efek yang tidak dilarang bagi orang dalam. 


Nah, penuntasan transaksi itu, sejak Selasa, 7 November 2023, Heidelberg AG pemegang saham pengendali, dan pemegang saham mayoritas perseroan. Itu dengan porsi kepemilikan 1,87 miliar helai alias 51 persen dari seluruh jumlah saham yang dikeluarkan perseroan. (*)