EmitenNews.com - La Suntu Tastio contoh UMKM yang sukses, dan berjaya karena terus memperkuat inovasi, dan kualitas produk. UMKM kerajinan binaan Astra melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) itu, berada di wilayah Depok, Jawa Barat, tetapi produk-produknya sudah diterima oleh berbagai halangan. 

 

Usaha home industry milik Indari Umiyasih ini didirikan pada tahun 2010 dengan produk berbagai craft, seperti tas, dompet dan souvenir lainnya dikombinasikan dengan bahan tenun serta batik dari pengrajin di beberapa daerah di Indonesia.

 

Pendirian La Suntu Tastio bermula saat Indari terlibat dalam bisnis konveksi tas bersama rekannya pada tahun 2005. Kala itu, Indari merasa bisnis tersebut memiliki potensi yang bagus untuk dikembangkan. Berbagai perusahaan maupun reseller pun memesan produknya secara kontinyu. Namun, siapa disangka, seiring berjalannya waktu, Indari terpaksa menutup usaha tersebut, karena beberapa masalah yang dihadapinya.

 

Indari pun tidak ingin terpuruk, belajar untuk fokus dalam bisnis yang sama, Indari terus bekerja keras untuk meningkatkan kompetensinya dalam menjahit, memahami satu per satu proses dalam bisnis tersebut hingga belajar marketing yang dimulai dengan memperkenalkan produknya ke lingkungan keluarga. 

 

Produk yang dibuatnya pun diterima positif oleh sang keluarga, hal tersebut menjadi semangat tersendiri bagi Indari. Terlebih para reseller sebelumnya banyak yang menghubungi Indari untuk memasok produknya kembali. Semangat Indari terkumpul, Indari bangkit dan melihat berbagai tren produk tas, dompet hingga souvenir yang bisa ia tawarkan ke berbagai kalangan. Indari mencoba memberikan penawaran ke berbagai perusahaan hingga bank untuk pengadaan produk souvenir.


“Saya keliling bawa proposal penawaran. Pokoknya saya tarok proposal itu ke Perusahaan dan Bank-Bank. Saya ketemu dengan berbagai karakter orang. Mulai dari yang ramah sampe yang jutek. Tapi siapa sangka, orang jutek yang saya temui malah yang memberikan saya orderpertama dengan jumlah yang tidak sedikit,” cerita Indari.

 

Tidak ingin kehilangan kepercayaan 

Tidak ingin kehilangan kepercayaan dari customer-nya, Indari pun menjaga setiap kualitas produk yang dibuatnya. Menurut Indari, selain inovasi produk, kualitas menjadi nomor 1 agar customer kembali melakukan order kepadanya. 

 

Kini bukan hanya 1 perusahaan yang menjadi customer-nya. Saat ini Indari memasok produk ke berbagai perusahaan, baik plat merah maupun swasta serta berbagai sekolah untuk membuat produk souvenir maupun tas dengan berbagai model.

 

Tak cukup excellent dalam pemasaran, Indari merasa masih membutuhkan kompetensi untuk meng-upgrade skill nya dalam usaha. Pada tahun 2014, Indari bergabung dengan YDBA untuk ikut serta dalam program pembinaan.