EmitenNews.com - PT Selamat Sempurna (SMSM) memborong ruang kantor Rp67,74 miliar. Ruang kantor seluas 1.935,45 meter persegi itu, dibeli dari Griya Inti Perkasa (GIP). Ruang kantor itu berada di ADR Tower garapan GIP.


Perseroan bergerak dalam industri alat-alat atau perlengkapan (spareparts) kendaraan bermotor, alat-alat berat, dan mesin lainnya serta kegiatan distribusi. Saat ini, perseroan dan entitas anak berkantor pusat di Wisma ADR, Pluit Penjaringan, Jakarta Utara dengan menyewa seluas 1.257 m2. Harga sewa terakhir Rp110 ribu per meter persegi per bulan, dan service charge Rp40 ribu per meter persegi per bulan, sepanjang tiga bulan, dan otomatis diperpanjang setiap 3 bulan. 


Saat ini, Wisma ADR sudah mulai berumur mengingat dibangun pada 1992, dan rencananya akan dikosongkan pada 2025. Dan, saat bersamaan entitas afiliasi yaitu GIP tengah membangun gedung kantor, dan apartemen yaitu ADR Tower di bundaran Pantai Indah Kapuk, Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara. Itu sebagai kesempatan untuk mendapat hak kepemilikan atas aset berupa ruang kantor dengan lokasi strategis, dan prestigious sebagai investasi jangka panjang menguntungkan.


Menyusul transaksi itu, perseroan akan memiliki kantor, kontrol penuh dibanding dengan sewaan. Mendorong peningkatan efisiensi, mendongkrak nilai tambah bagi perseroan dalam jangka panjang. Risiko yang mungkin timbul biaya pemeliharaan, asuransi, dan pajak properti. 


Transaksi itu, masuk kategori afiliasi. Maklum, perseroan dan GIP berada di bawah kendali secara tidak langsung oleh pihak yang sama. ”Transaksi sepenuhnya didanai dari kas internal perseroan,” tulis Ang Andri Pribadi, Direktur Selamat Sempurna. (*)