EmitenNews.com - PT Prasidha Aneka Niaga Tbk (PSDN) bakal melakukan transaksi material dalam waktu dekat. Untuk itu, perseroan akan meminta restu kepada pemegang saham terkait persetujuan rencana transaksi material di atas 50% tersebut.


"Perseroan berencana menjual aset milik perseroan terbatas PT Aneka Bumi Kencana yang merupakan anak perusahaan Perseroan. Ini akan menjadi agenda tunggal dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB),"kata Wakil Presiden Direktur PSDN, Didik Tandiono dalam keterbukaan informasinya, Rabu (26/1).


Didik menjelaskan bahwa rencana transaksi ini dilaksanakan dalam rangka keperluan perseroan guna menurunkan utang bank sehingga diharapkan beban kewajiban cicilan pokok dan bunga Perseroan menjadi lebih kecil atau ringan.


Anak usaha Prasidha Aneka Niaga (PSDN) bakal menjual aset senilai Rp39,49 miliar. Ya, entitas usaha perseroan yaitu Aneka Bumi Kencana (ABK) melepas aset berupa lahan seluas 26.209 meter persegi (m2) berikut bangunan, dan mesin-mesin pengolah coklat.


Berdasar perbandingan antara nilai rencana transaksi dengan nilai ekuitas sebesar 52,92 persen. So, nilai transaksi itu lebih dari 50 persen ekuitas Prasidha Aneka. "Transaksi ini juga untuk meningkatkan ekuitas perseroan,"tegasnya.


Sebagai informasi, RUPSLB rencananya akan digelar pada Kamis, 17 Februari 2022, pada jam 10.00 WIB. Rapat akan bertempat di Merapi Room, Lagoon Tower Lantai B1, The Sultan Hotel, Jl. Gatot Subroto, Jakarta Pusat.