EmitenNews.com - PT Oscar Mitra Sukses Sejahtera (OLIV) bakal menyandang status perusahaan terbuka pagi ini. Itu menyusul pencatatan saham perdana di papan akselerasi. Oscar Mitra Sukses mematok  harga initial public offering Rp100 per saham dengan melepas 400 juta saham. 


Itu setara 21,10 persen dari modal ditempatkan dan disetor  setelah IPO dengan nilai nominal Rp10 per saham. Jadi, perseroan meraup dana IPO Rp40 miliar. Secara bersamaan, Oscar Mitra Sukses juga menjajakan Waran seri I maksimal 400 juta lembar, mewakili maksimum 26,67 persen dari jumlah saham dengan harga pelaksanaan Rp120 per lembar. 


Dana hasil penawaran waran seri I maksimal Rp48 miliar. Waran seri I memberi hak kepada pemegangnya untuk melakukan pembelian saham biasa atas nama dengan nilai nominal Rp10 per lembar.


Berdasar prospektus, ada 1,5 miliar lembar tidak dapat diperdagangkan dengan rincian pemegang saham sebagai berikut. Hendro Jap 1,365 miliar lembar, dan Hioe Mie Tien sebanyak 135 juta lembar. Saham-saham tersebut dilarang untuk dialihkan baik sebagian atau seluruhnya hingga delapan bulan setelah pernyataan pendaftaran menjadi efektif. 


Seluruh dana hasil IPO, setelah dikurangi biaya-biaya emisi, sekitar 11,78 persen untuk belanja modal renovasi Gudang, dan memperkuat jaringan perdagangan produk-produk furniture dengan menambah armada owen-leet berupa truk. Lalu, sekitar 88,22 persen untuk modal kerja dalam bentuk pembelian persediaan, gaji karyawan, kegiatan pemasaran, dan penyewaan gudang-gudang baru. (*)