EmitenNews.com - Luar biasa Oki Setiana Dewi. Ustazah itu meraih gelar Doktor (S3) keduanya, dalam sidang promosi doktor di Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al Qur'an Jakarta pada Selasa (1/11/2022). Pada 2020, artis peran film religi ini, berhak atas gelar Doktor, dari Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Dengan dua gelar Doktor, wajar saja kalau tawaran menjadi dosen mampir kepada perempuan berusia 33 tahun ini. Seolah tak cukup, ia masih ingin belajar ke Mesir.


Dalam keterangannya kepada pers, seperti dikutip Rabu (2/11/2022), Oki bersyukur atas pencapaiannya di bidang akademik tersebut. "Alhamdulillah akhirnya bisa menyelesaikan perkuliahan lagi."


Oki Setiana Dewi diketahui mengambil program studi Doktor Pengkajian Islam Konsentrasi Komunikasi dan Dakwah di Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah pada tahun 2016 dan lulus 2020. Pendakwah sekaligus artis berusia 33 tahun itu bercerita, mendapat tawaran menjadi dosen.


Oki mengaku sejak beberapa tahun lalu, sudah berpikir untuk menjadi dosen. Pasalnya, kakak artis dan selebgram Ria Ricis itu, secara pribadi suka sekali dengan belajar. Sayangnya, dengan kesibukan ibu empat anak itu, keinginan tersebut akhirnya tertunda-tunda terus.


Tetapi, dengan pencapaiannya sekarang, keinginan kuat menjadi dosen itu, bakal dipikirkannya lagi secara serius. Apalagi, kata Oki, kalau mengajar, sebagai dosen, pasti akan terus menerus belajar juga, sesuatu yang sangat disukainya.


Meski cukup kondang sebagai pendakwah, yang laris diundang di berbagai event, dan kota, tidak cukup untuk mengusir kegugupan Oki menghadapi sidang promosi doktoralnya. Ia mengaku tetap gugup saat hari persidangan, sampai ditanya oleh profesor di kampusnya.


"Sama seperti ujian sebelumnya, tegang juga. Kadang profesor tanya, susahan ujian apa ceramah? Pastinya tegangan ujian. Mual, sakit perut seperti itu," ujarnya.


Dalam sidang promosi Doktoral itu, Oki berjuang meraih gelar Doktor dalam Program Studi Ilmu Al Quran dan Tafsir Konsentrasi Pendidikan Berbasis Al Quran, di Perguruan Tinggi Ilmu Al Qur'an Jakarta. Ia menuntaskan ujian tersebut dalam satu setengah jam. "Alhamdulillah bisa."


Dengan dua gelar Doktor itu, tidak cukup untuk membendung keinginan Ustazah Oki untuk bersekolah, menuntut ilmu lagi. Lulusan S1 Sastra Belanda UI itu masih ingin menimba ilmu di Timur Tengah. Ia mengaku masih berpikir menambah ilmu ke Mesir.


Sejauh ini, Oki merasa belum apa-apa. "Masih mau memperdalam lagi ilmunya. Kita kan semakin belajar, semakin nggak tahu apa-apa. Masih banyak yang saya nggak tahu."


Pencapaiannya selama ini, tidak bisa dilepaskan dari nasehat mendiang ayahandanya, untuk menjadi perempuan tangguh. Setiap pekerjaan yang sudah dimulai, harus dituntaskan. Bercermin pada dirinya, Oki mengingatkan para perempuan untuk "tangguh, berani, hadapi, dan totalitas."


Menarik mengetahui bagaimana Ustazah Oki mencapai semua itu. Kuncinya, selain tekun, bekerja keras, lainnya adalah pandai membagi waktu. Selain sebagai artis, pendakwah, ia juga seorang ibu dengan 4 anak. Dalam kesehariannya, jadwalnya. sungguh padat, ditambah harus mengikuti perkuliahan, Senin sampai Minggu.


Yang juga sangat membantunya adalah keberadaan adik bungsunya, Ria Juwita, artis sekaligus selebgram yang kondang disapa Ria Ricis. Setiap Sabtu dan Minggu, ia menitipkan anak-anaknya di kediaman Ria Ricis. "Anak-anak selalu sama Ricis tiap Sabtu-Minggu, nitip, karena bapaknya kadang kerja juga."


Saat anak-anaknya dititipkan itulah, Oki akan belajar sampai malam. "Anak-anak enak banget sama Ricis. Di rumah jadi sunyi. Saya jadi bisa belajar sampai malem." ***