EmitenNews.com - Entitas Anabatic Technologies (ATIC) mengantongi restu divestasi 73 persen saham Eguine Global (EG) USD13,02 juta. Saham sebanyak itu, dijual Computrade Technology International (CTI) kepada IBM Global Service Pte. Rencana divestasi itu, mendapat suara mutlak dari pemegang saham perseroan.


Nah, dari total harga tersebut, sebesar USD3 juta atau setara Rp45,078 miliar akan ditahan (Hold Amount) terlebih dahulu oleh IBM selama 18  bulan sejak tanggal penyelesaian transaksi. Setelah 18 bulan sejak tanggal penyelesaian transaksi, IBM akan membayarkan holdback amount kepada pihak penjual ditambah bunga sebesar 3,88 persen per tahun.


Rencana tersebut untuk memangkas struktur perseroan sejalan strategis pertumbuhan ditopang bisnis cloud dan digital solution, terutama pada perangkat keras, dan melunasi utang. Anak usaha itu akan meraup dana senilai Rp195,65 miliar dari hasil penjualan 73 persen saham EG.


Setelah memegang dana tersebut, CTI akan melunasi utang kepada Bank Permata (BNLI) senilai Rp118,1 miliar. Perseroan akan menerima Rp50 miliar dari penjualan tersebut sebagai dividen tunai. Dana itu oleh perseroan akan digunakan untuk pengembangan kegiatan usaha bidang perdagangan dan jasa termasuk electronic trading.


Lalu, sisanya Rp27,55 miliar, merupakan retensi (holdback amount) kepada Bank Permata selaku kreditur CTI untuk pelunasan utang setelah pembayaran retensi diperoleh dari Bank Permata. Dan, rencana penjualan cucu usaha kepada pihak tidak terafiliasi itu, telah mendapat persetujuan pemodal dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 14 Desember 2023. (*)