EmitenNews.com—PT Industri dan Perdagangan Bintraco Dharma Tbk (CARS) membidik target laba bersih pada akhir tahun sebesar Rp125 miliar. Walau terlalu ambisius, namun target tersebut masih memungkinkan untuk diraih selama produk baru yang akan diluncurkan perseroan, pekan depan, disambut antusias masyarakat.


Direktur Utama CARS, Benny Redjo Setyono, mengatakan perseroan berencana memberikan kejutan pada pelanggannya dengan menghadirkan produk baru minggu depan. Namun terkait detail produk baru ini, manajemen enggan membeberkan secara rinci. Menurutnya hadirnya kejutan itu akan memiliki peran penting terhadap pendapatan dan laba bersih CARS.


"Saya harap (pencapaian laba bersih) jauh lebih dari Rp115 miliar untuk konservatif, bahkan bisa mencapai Rp120 miliar hingga Rp125 miliar, jadi mohon doanya. Tunggu tanggal mainnya terkait dengan kejutannya," ungkap Benny dalam publik ekspose virtual, Selasa (15/11).


Untuk penjualan, manajemen mengakui akan cukup sulit mencapai target 20.000 unit hingga akhir tahun. Hal itu salah satunya dipengaruhi situasi ekonomi global yang masih bergejolak, sehingga berimbas pada perekonomian nasional. Karena itu, CARS akan fokus menjual produk otomotif yang saat ini masih tersedia.


"Tahun ini masa yang menantang, jadi kalau masih punya invetori tetapi harus di- carry over  itu dampaknya kurang baik pada 2023," kata dia.


Seperti diketahui hingga September 2022, CARS membukukan pendapatan Rp3,98 triliun, melonjak 11,1% year-on-year. Sedangkan laba operasi meroket 202,3% menjadi Rp269 miliar, dari rugi Rp263 miliar.


Sementara, laba bersih CARS naik menjadi Rp112 miliar dari sebelumnya merugi Rp384 miliar. Untuk aset, terjadi penurunan 7,5 persen dari Rp4,32 triliun menjadi Rp4 triliun.