EmitenNews.com - Produk UKM kini bisa memenuhi teras IKEA Indonesia. Itu menjadi peluang produk UKM naik kelas. IKEA Indonesia menyediakan lokasi untuk mendukung promosi dan pemasaran produk UKM sektor kerajinan, fashion, dan personal care melalui program Teras Indonesia. 


Itu ditandai dengan teken kesepakatan IKEA Indonesia dengan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) belum lama ini. Kerja sama itu, momentum mendorong produk UKM naik kelas. ”Ini sekaligus mengangkat narasi kualitas produk UKM Indonesia tidak kalah saing dengan brand besar,” tutur Menkop UKM Teten Masduki.


Saat ini, IKEA telah mengakomodasi berbagai produk dari 16 UKM untuk dipromosikan di IKEA Jakarta Garden City dalam periode bulanan. Seiring penurunan kasus pandemi Covid-19, dan pembukaan pembatasan kegiatan masyarakat, IKEA Indonesia diharap membuka kesempatan lebih besar untuk UKM sektor lain memiliki nilai tambah. Misalnya, kerajinan, dan home decor.


Melalui kolaborasi itu, IKEA ke depan diharap dapat menyerap lebih banyak produk UKM binaan lain. Pendampingan, pelatihan, kurasi, dan research and development dapat dilakukan bersama-sama untuk menghasilkan produk sesuai minat pasar. ”Kami percaya IKEA Jakarta Garden City dapat menjadi tetangga baik bagi produk UKM untuk naik kelas,” tegas Patrik Lindvall, President Director PT Rumah Mebel Nusantara alias IKEA Indonesia.


IKEA Jakarta Garden City berkomitmen memberdayakan UMKM lokal dengan menyediakan area pameran secara gratis via program Teras Indonesia. Itu ditunjukkan dengan menyediakan total area seluas 1.000 meter persegi tersebar pada sejumlah lantai. Saat ini, ada 16 UMKM menjual produk unggulan. Itu merupakan jumlah UMKM terbanyak digandeng IKEA dibanding toko IKEA lain.


Semnetara itu, Marina Berg, Duta Besar Swedia untuk Indonesia, mengaku sejak kehadiran IKEA kali pertama di Indonesia pada 2014, ia berharap IKEA bisa membawa berbagai peluang baru. ”Pastinya, makin memperkuat hubungan Indonesia dengan Swedia yang sudah terjalin baik selama ini,” ucap Berg. 


Produk masuk IKEA sudah berstandar bagus. Selain itu, syarat lain selain produk UKM sudah harus berbadan hukum. Produk UKM juga akan masuk katalog IKEA. Di mana, UMKM pada katalog bisa dipakai kemana-mana. Bisa masuk platfrom ASEAN. (*)