EmitenNews.com - Mari pusatkan perhatian pada acara Debat Capres-Cawapres 2024. Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar acara debat perdana, Selasa (12/12/2023) pukul 19.00 WIB. Ketiga pasangan yang akan bertarung dalam Pilpres 2024, bakal memperdebatkan tema Hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi.


Kita tahu, KPU sudah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) untuk Pilpres 2024. Antara lain Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.


Dalam keterangannya yang dikutip Senin (11/12/2023), Ketua KPU Hasyim Asyari mengatakan, debat akan berlangsung selama dua jam, yang dibagi menjadi enam segmen.


Pertama, penyampaian visi misi dan program kerja. Mekanismenya masing-masing pasangan calon menyampaikan secara bergantian sesuai nomor urut.


Segmen kedua masuk ke pendalaman visi misi. Di sini panelis akan mengundi pertayaan yang akan diawali dengan pasangan nomor 2, dilanjutkan pasangan nomor 3, dan terakhir pasangan nomor urut 1.


Ketiga, pendalaman visi misi dan program kerja. Para Capres akan menjawab pertayaan yang akan diberikan oleh moderator.


Segmen ke empat, para Capres akan memberikan pertayaan kepada Capres lainnya. Diawali dengan Capres nomor 1, Anies Baswedan yang akan memberikan pertanyaan kepada capres nomor 2 Prabowo Subiato. 


KPU mempersiapkan acara debat dihadiri langsung 800 orang

Segmen kelima, tanya jawab antara pasangan Capres. Pada segmen ini Capres Anies Baswedan yang pertama bertanya kepada Capres nomor 3 Ganjar Pranowo.


Segmen ke enam penutup. Pada sesi ini pasangan Capres memberikan pernyataan penutup dan komitmen kampanye damai.


Komisioner KPU, August Mellaz, Minggu (10/12/2023), mengungkapkan, KPU mempersiapkan panggung model townhall untuk Debat Capres-Cawapres Pemilu 2024, Selasa (12/12/2023). Rencananya acara debat tersebut akan dihadiri 800 orang yang terbagi dalam delapan baris tempat duduk.


"Rencananya tiga baris pertama diperuntukkan bagi pasangan calon pendukungnya. Kami sudah mengatur jumlah orang pada setiap barisnya," ujar August Mellaz.


Di barisan tengah, TVRI akan menempatkan kamera yang digunakan untuk menyiarkan langsung. KPU memastikan penyediaan tempat khusus untuk awak media yang meliput langsung. Nanti diatur sama Biro Humas KPU.


Nantinya, paslon capres-cawapres dapat menyertakan 75 pendukung pada acara debat tersebut. Hal itu sesuai perhitungan dengan mempertimbangkan kapasitas panggung.


KPU juga harus mengakomodasi tamu undangan lainnya. Di antaranya, wakil kementerian/lembaga dan duta besar negara sahabat. Jadi, jumlah 75 orang untuk pendamping masing-masing capres-cawapres sudah mencukupi.?


Untuk menjalani debat tersebut, KPU sudah menetapkan 11 nama panelis debat capres-cawapres 2024:

  1. Mada Sukmajati (pakar ilmu politik UGM)
  2. Rudi Rohi (pakar Ilmu politik Universitas Nusa Cendana Kupang/Undana)
  3. Lita Tyesta (ahli hukum tata negara Unversitas Dipenogoro/Undip)
  4. Khairul Fahmi (pakar hukum Universitas Andalas/Unand)
  5. Agus Riewanto (pakar hukum tata negara Universitas Sebelas Maret Surakarta/UNS)
  6. Susi Dwi Harijanti (pakar hukum tata negara Universitas Padjadjaran/Unpad),
  7. Bayu Dwi Anggono (Guru Besar Hukum di Universitas Jember/Unej)
  8. Ahmad Taufan Damanik (Ketua Komnas HAM periode 2017-2020)
  9. Al Makin (Guru Besar Studi Agama UIN Sunan Kalijaga).
  10. Gun Gun Heryanto (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
  11. Wawan Mas'udi (pakar politik, Dekan Fisipol UGM).? ***