EmitenNews.com -PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA), emiten yang bergerak di bidang mobilitas, logistik dan penunjangnya berhasil mencatatkan peningkatan laba bersih sebesar 159% secara kuartalan menjadi Rp385 miliar pada kuartal I 2023.

 

Direktur Utama ASSA, Prodjo Sunarjanto mengatakan peningkatan kinerja ini diikuti oleh perbaikan signifikan dari kinerja bisnis jasa pengangkutan, Anteraja, yang mencatatkan laba operasi meningkat pesat sebesar 62% pada kuartal I 2023 dibandingkan dengan rugi operasional Anteraja di kuartal IV 2022 sebesar Rp91,7 miliar.

 

Beban operasional Anteraja tercatat turun sebesar 7,5% menjadi Rp82,9 miliar dan beban pokok pendapatan berhasil diturunkan secara signifikan sebesar 28% menjadi Rp374,9 miliar di kuartal I 2023. Di sisi lain, ASSA telah menyiapkan kas dan setara kas yang cukup besar yaitu Rp811,9 miliar, untuk mengantisipasi kondisi bisnis di 2023 dan memastikan pertumbuhan bisnis.

 

Secara keseluruhan, mayoritas bisnis ASSA masih mencatatkan pertumbuhan. Dari segmen bisnis penyewaan kendaraan mencatatkan pertumbuhan pendapatan sebesar 11% YoY menjadi Rp445,9 miliar di kuartal I 2023. Dari bisnis lelang tercatat peningkatan 20% YoY menjadi Rp38,6 miliar.

 

Kemudian dari segmen bisnis logistik juga mencatatkan total pendapatan meningkat 38% YoY menjadi Rp57,7 miliar pada penjualan dari segmen pelanggan eksternal.

 

ASSA mencatatkan beban pokok pendapatan menurun sebesar 29% YoY di kuartal I 2023 menjadi Rp848,7 miliar. Beban umum dan administrasi menurun 1% YoY menjadi Rp186,7 miliar, dan beban penjualan meningkat 16% YoY menjadi Rp4,6 miliar.

 

"Strategi efisiensi kita di tahun 2022 mulai terbukti berhasil meningkatkan efisiensi operasional dan memperbaiki kinerja di kuartal I 2023. Kini, kami memiliki struktur yang jauh lebih baik dalam operasional kami," kata Produk dalam keterangan resminya, Selasa (2/5).

 

Perseroan memiliki tiga pilar bisnis utama, yaitu bisnis transportasi (rental kendaraan, jasa pengemudi, individual car sharing), bisnis jual-beli kendaraan (Lelang-JBA dan Online-to-Offline used car dealers-Caroline), serta end-to-end logistic (logistik dan kurir ekspress Anteraja).

 

Di tahun 2023 ini, ASSA akan fokus mengembangkan masing-masing lini bisnis. Khususnya untuk bisnis logistik, ASSA akan terus mengembangkan market B2B melalui berbagai inisiatif untuk menarik minat para pelanggan korporasi. Perseroan berfokus untuk mengembangkan logistik mid-mile melalui layanan barunya yang sedang dikembangkan, seperti Cargo Share.