EmitenNews.com—PT Bank BTPN Tbk (BTPN) telah menggelar rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) 2022. Dalam RUPSLB tersebut, para pemegang saham menyepakati pengangkatan Henoch Munandar sebagai direktur utama baru hingga RUPST tahun 2025.


Direktur Kepatuhan Bank BTPN Dini Herdini mengungkapkan pelaksanaan RUPSLB hari ini merupakan bentuk komitmen kami untuk melanjutkan proses suksesi kepemimpinan di Bank BTPN serta mengisi posisi direktur utama yang lowong sejak kepergian kandidat direktur utama secara mendadak pada bulan Maret lalu.


"Seluruh jajaran manajemen yakin bahwa di tangan kepemimpinan direktur utama baru, Bank BTPN akan semakin maju dan senantiasa memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah di tengah upaya nasional untuk kembali bangkit dari pandemi COVID-19," jelas dia.


Sebelumnya, Henoch telah menjalani dan memenuhi berbagai proses nominasi, termasuk uji kemampuan dan kepatutan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sebagai bagian dari proses seleksi. 


Pada kesempatan yang sama, Henoch turut menyampaikan perkembangan kinerja Bank BTPN pada Semester I-2022 melalui Public Expose yang digelar secara hibrid sebagai bentuk keterbukaan informasi.


Berdasarkan data di Linkedin, Henoch Munandar sebelumnya menjabat sebagai Risk Director di Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC) sejak 2013-2019. Setelah itu, ia menjabat sebagai Direktur BTPN.


Henock merupakan lulusan manajemen dari Universitas Atma Jaya Jakarta. Ia mengawali karirnya di PT Indomarco pada 1989 hingga 1991.


Selanjutnya, ia masuk ke industri perbankan sejak tahun 1991  yang diawali dengan bergabung di Bank Susila Bakti selama periode 1991–1993, lalu PT BII in 1993, Panin Bank in 1993–1995, PT Bogor Multifinance pada 1995.


Lalu, ia bergabung dengan Bank of Tokyo MItsubhisi UFJ pada periode 1995-2006 dengan jabatan Co Head Local Coporate Banking.


Setelahnya,  ia pindah ke Bank Danamon dengan posisi Deputi SMEC Riks Head pada tahun 2006-2010. Lalu pada 2010-2013, Henock bergabung dengan DBS Bank dan menjabat sebagai Deputi Credit Risk Head.


Dengan demikian susunan Direksi Perseroan akan menjadi sebagai berikut: Direktur Utama : Henoch Munandar, Wakil Direktur Utama : Kaoru Furuya, Wakil Direktur Utama : Darmadi Sutanto, Direktur Kepatuhan : Dini Herdini, Direktur : Kan Funakoshi, Hiromichi Kubo, Merisa Darwis dan Hanna Tantani.